Helsinki (ANTARA) - Pemerintahan baru Finlandia yang dipimpin oleh Perdana Menteri (PM) Petteri Orpo, mulai menjabat pada Selasa (20/6).

Pemerintahan tersebut terdiri dari seorang perdana menteri dan 18 menteri dari Partai Koalisi Nasional (National Coalition Party), Partai Finlandia (Finns Party), Partai Rakyat Swedia (Swedish People's Party), dan Demokrat Kristen (Christian Democrats).

Saat berpidato penyambutan pemerintahannya di istana kepresidenan, Orpo mengatakan bahwa rakyat Finlandia telah "memilih perubahan".

Lahir pada November 1969, Orpo pertama kali terpilih sebagai anggota Parlemen pada 2007.

Sebelum menjabat sebagai perdana menteri, dia memegang tiga jabatan berbeda sebagai anggota dari dua pemerintahan, termasuk Menteri Pertanian dan Kehutanan, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Keuangan. Dia juga terpilih sebagai pemimpin Partai Koalisi Nasional dalam konferensi partai pada musim panas 2016.
 
  



Dalam sidang pleno pertamanya yang digelar pada Selasa itu, pemerintahan baru tersebut memutuskan soal pembagian tanggung jawab di antara para menteri, komposisi komite menteri, dan kelompok kerja, serta mewakilkan pengaturan para menteri. Pemerintahan Orpo juga menjabarkan program pemerintah kepada parlemen. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023