Masih di bawah 50 persen. Kita harapkan di akhir tahun pencapaiannya bisa sesuai dengan harapan kita bersama
Jakarta (ANTARA) - Komisi V DPR RI meminta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk meningkatkan penyerapan anggaran 2023 mengingat capaian hingga pertengahan tahun ini masih di bawah 50 persen.

"Masih di bawah 50 persen. Kita harapkan di akhir tahun pencapaiannya bisa sesuai dengan harapan kita bersama," ujar Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan seluruh Unit Kerja Eselon (UKE) 1 Kemendes PDTT di Jakarta, Rabu.

Dalam RDP itu dipaparkan capaian realisasi anggaran 2023 UKE-1 Kemendes PDTT per 16 Juni 2012 yakni Sekretaris Jenderal sebesar 40,89 persen, Inspektorat Jenderal sebesar 41,98 persen, BPSDM dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sebesar 37,54 persen, Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sebesar 41,4,4 persen.

Kemudian Ditjen Pembangunan Desa dan Perdesaan sebesar 29,42 persen, Ditjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sebesar 29,70 persen, Ditjen Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal sebesar 35,96 persen, dan Ditjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi sebesar 25,26 persen.
Baca juga: Serapan anggaran Kemendes PDTT capai Rp841,69 miliar

Dalam kesempatan itu Komisi V DPR RI juga meminta Kemendes PDTT untuk menyesuaikan rincian program dan menyempurnakan rencana kerja dan anggaran masing-masing UKE 1 dalam nota keuangan RAPBN 2024 sesuai pendapat serta usulan Komisi V DPR RI yang disampaikan dalam pembicaraan pendahuluan RAPBN 2024.

Selain itu Muhammad Iqbal juga meminta BPSDM dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja dan output tenaga pendamping desa serta melaporkan hasilnya kepada Komisi V DPR RI.

Sementara itu Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid menyatakan kesiapan menindaklanjuti sejumlah masukan dan saran yang diberikan Komisi V kepada Kemendes PDTT.

"Kami siap tindaklanjuti masukan, gagasan dan aspirasi yang disampaikan dalam RDP ini," tuturnya.

Baca juga: Kemendes PDTT sebut pagu alokasi anggaran 2023 sebesar Rp2,99 triliun
Baca juga: Ditjen Bina Pemdes minta masukan K/L soal penguatan pemerintahan desa
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023