Jakarta (ANTARA) - Pebasket yang turut serta pada Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2023, khususnya kelompok umur U-18 dan U-23 putra maupun putri itu tercatat menempati peringkat 100 besar di play.fiba3x3.com.

Hal tersebut membuat persaingan pada ajang bergulir di berbagai daerah di Tanah Air pada tahun itu makin sengit.

“Keberadaan mereka membuktikan bahwa Mandiri 3X3 Indonesia adalah ekosistem yang pas untuk mengembangkan kemampuan untuk masa depan lebih baik,” jelas Direktur PT Supersport Sensation (SSS) International Azwan Karim melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pada kategori putra U-18, tercatat ada 24 pemain penghuni peringkat 100 besar. Di antaranya Marcell Putera, Ferry Mingtoro, Frederick Chang, Ferrergie Alexandre Nauval, Rizqi Muhammad Zahra, Jonathan Joris, Ahmad Sungkar, Hidayat Bintang Pangestu, Xavier Naufal, Yoga Yulianto, dan Dimas Bima.

Baca juga: Turnamen basket Mandiri 3X3 Indonesia hadir di Jakarta

Kemudian untuk kategori putri di kelompok umur yang sama ada 39 nama masuk 100 besar. Misalnya Alicia Sharon, Anggita Yuliani, Angela Mareta, Pegi Maulani, Debora Diaz, Keisha Restu, Nyoman Budhayoni, Griselda Sherly, Sharon Belinda, Kartika Hatta, Naura Maythirah, Bunga Ratna Ningtyas, Kelly Deanna, Vanessa Natania, Elvina Greselda, dan Lubina Hafiz.

Untuk putri U-23 ada 69 nama peserta turnamen ini yang tercatat di daftar Play.fiba3x3.com. Nama-nama itu di antaranya Tasya Saputera, Aulia Mauliddinia, Cintiana Oktaviane, Fasya Tsanaya, Melissa Erika, Nia Titin, Nikita Shalom, Asima Yohana, Leonita Angela, dan Evelyn Fiyo.

Lalu ada Cindy Fransisca, Sophia Rebecca, Nur Indah, Fernanda Alvianita, Kathatina, Lula Amanda, Ariyah Marwah, Anastasya Efata, Alicia Sharon, Anggita Yuliani, Salwa Andini, Aulia Tsalsa, Angela Mareta, Caitlyn Graciella, Febi Nurcahya, dan Pegi Maulani.

Adapun dari kategori putra U-23, ada 43 nama. Di antaranya para pemain itu adalah Dyfano Carlo, Bryant Jeremia, Matthew Bryan, Billy Cuang, Refka Djalu, Jason Prawira, Bryant Antonio, Deni Surya, Kevin Tandayu.

Baca juga: Antusiasme peserta putri bakal digenjot di Mandiri 3X3 Indonesia

Lalu ada juga Novin, Likemo Victor, Darien Jericho, Promise Ramadhan, Marcell Putera, Trystan Tryvelyn, Seaneric Chandra, Terrel Ayers, Micquell Thiemailattu, Mikha Haidar, Ivan Agustinus, Rendy Wijaya, Jeremiah Fu, Ferry Mingtoro, Taruna Putra, dan Frederick Chang.

Project Director Mandiri 3X3 Indonesia Tournament Chaerul Anwar Azis mengatakan Mandiri 3X3 Indonesia Tournament memang disiapkan untuk menjadi wadah para pemain U-18 dan U-23 mengeksplorasi diri.

Dengan terus mendapatkan menit main akan membantu para pemain muda ini berkembang.

“Sengaja dibuat turnamen ini untuk menjadi wadah mereka mengembangkan skil. Dengan terus memberikan jam terbang, ke depan diharapkan bisa membantu Perbasi dalam memilih pemain untuk membangun Timnas Indonesia khususnya 3X3 menjadi lebih kuat,” ujar Chaerul Anwar.

Saat ini, Mandiri 3X3 Indonesia Tournament menatap Seri Jawa Tengah-Yogyakarta. Untuk City Selection dilaksanakan dua hari di tempat yang berbeda.

Pada 24 Juni 2023, City Selection dilaksanakan di GOR Satria. Sehari kemudian geser ke Solo. Di Kota Solo City Selection dikonsentrasikan di GOR Warga.

“Dari masing-masing City Selection ini akan diambil 12 tim. Dengan pelaksanaan dua kota akan mendapatkan 24 tim yang nantinya akan bersaing di Province Selection. Untuk Province Selection yang nantinya perebutkan delapan tiket ke fase nasional dijadwalkan pada 2 Juni di Yogyakarta,” pungkas Chaerul Anwar.

Baca juga: Mandiri 3X3 Indonesia diharapkan jadi ajang pembibitan pebasket timnas

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023