Jakarta (ANTARA) -
Tim putri DI Yogyakarta menjadikan ajang Mandiri 3X3 Indonesia Tournament sebagai persiapan pembentukan tim menuju Pra-Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh-Sumatra Utara.

Menurutnya pemain tim 3x3 DIY Angelica Jennifer Candra, turnamen tersebut berguna untuk menguji kemampuan tim Pra-PON, mengingat ajang itu diikuti pemain hebat dari berbagai daerah.
 
“Di Pra-PON saya masuk tim 3X3. Ini adalah pertama kali saya ikut Mandiri 3X3 Indonesia Tournament. Ajang ini sangat ketat juga persaingannya,” kata Angel dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.
 
Pemain yang sempat memperkuat timnas bola basket putri Indonesia pada SEA Games XXXI/2021 Vietnam itu merasakan atmosfer persaingan 3X3 Indonesia Tournament hingga bisa tembus ke Province Finals Seri Jawa Tengah-DI Yogyakarta. Perjuangannya bersama tim DIY akan berlanjut di Jogja City Mall, Yogyakarta, Minggu.
 
Menurutnya, banyak pemain jempolan di usia 23 dan 18 tahun yang tampil pada fase tersebut. Pemain center kelahiran Magelang, 5 Juli 2005, itu pun siap memberikan yang terbaik untuk bisa tembus fase berikutnya yakni grand final.
 
Angel bersama timnya lolos ke Province Finals usai masuk tiga besar di kategori U-23 Putri pada City Selection Solo, 25 Juni.
 
Pada ajang itu, Angel turun di dua kategori usia yakni U-23 dan U-18 putri. Untuk kategori U-23 putri dia harus berkeringat menuju Province Finals.
 
Tapi untuk U-18 Putri, timnya langsung lolos ke Province Finals karena peserta putri hanya enam di City Selection Solo dan Semarang.
 
“Saya ikut di dua kelompok umur. U-23 dan U-18 Putri. Semoga bisa sampai ke Seri Nasional,” ujar pemain yang pernah jadi bagian dari Jr.NBA Global Championship tahun 2019 di Orlando-USA, FIBA 3X3 KU 16 tahun 2021 di Hungaria, dan FIBA Women Asian Cup Division B itu.
 
Province Finals Seri Jawa Tengah-DI Yogyakarta mempertemukan 24 tim terbaik dari dua City Selection yakni di Semarang dan Solo. Kedua City Selection itu masing-masing berjumlah 12 tim.

Baca juga: Pebasket top 100 play.fiba3x3.com ikuti 3X3 Indonesia Tournament 2023
Baca juga: Mandiri 3X3 Indonesia diharapkan jadi ajang pembibitan pebasket timnas

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023