Jakarta (ANTARA) - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan dan Luar Biasa PT Provident Investasi Bersama Tbk mengangkat direksi baru dan menyetujui pembelian kembali (buyback) saham sebanyak-banyaknya Rp80,66 miliar.

Dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu, Presiden Direktur Provident Investasi Bersama Tri Boewono menyatakan pemegang saham menyetujui pengangkatan Ellen Kartika sebagai Direktur Investasi dan Portofolio menggantikan posisi Devin Antonio Ridwan yang kini menjabat sebagai Presiden Direktur PT Merdeka Battery Materials Tbk, anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk.

Perubahan komposisi ini akan mendukung strategi Perusahaan dalam mencari dan mengeksekusi peluang investasi di masa mendatang demi pertumbuhan kinerja emiten yang memiliki kode saham PALM ini.

“Kami mengucapkan selamat kepada Ibu Ellen Kartika dan terima kasih atas kontribusi Bapak Devin Antonio Ridwan yang berperan besar dalam memajukan Perusahaan hingga sampai pada posisi saat ini. Kami optimistis, pengalaman panjang Ibu Ellen Kartika dalam investasi dan portofolio akan membawa perubahan yang berkelanjutan bagi kinerja PALM," kata Tri.

Baca juga: Pengelola Saham Rakyat gelar lomba keahlian jual-beli saham
Baca juga: AS ancam larang TikTok jika mereka tidak jual sahamnya


Terkait pembelian kembali saham, PALM akan membeli sebanyak-banyaknya 103,95 juta saham atau 1,46 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh dengan anggaran Rp80,66 miliar. Periode pembelian kembali saham mulai dilaksanakan dari 21 Juni 2023 sampai dengan 20 Juni 2024.

Tri mengungkapkan pembelian kembali saham tersebut dapat memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada Perusahaan dalam mengelola modal untuk mencapai struktur permodalan yang efisien untuk meningkatkan nilai pemegang saham.

“Kami berkeyakinan bahwa buyback tidak akan memberikan dampak negatif yang material terhadap kegiatan usaha perusahaan," ucapnya.

Provident Investasi Bersama, kata dia, memiliki modal kerja dan arus kas yang memadai untuk melaksanakan pembiayaan transaksi bersamaan dengan kegiatan usaha.

Per Maret 2023, 2023, laba periode berjalan PALM tercatat sebesar Rp47,9 miliar dengan total aset mencapai Rp6,56 triliun. Kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan total aset Perusahaan berasal dari nilai investasi Rp6,3 triliun.

Dengan capaian positif ini, PALM optimistis dapat terus terjaga secara berkelanjutan untuk memperkuat fundamental perusahaan.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023