Kehadiran KSO juga meningkatkan produksi Palm Kernel (PK) yang berpotensi meningkat 102 persen year on year (yoy) dari semula 7.332 ton pada 2022 menjadi 14.804 ton pada 2023
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Menthobi Karyatama Raya Tbk (MKTR) Harry M Nadir mengatakan aksi korporasi berupa akuisisi terhadap PT Khatulistiwa Sinergi Omnidaya (KSO) mulai memberikan kontribusi terhadap pendapatan perseroan mulai September 2023.

Ia mengatakan kontribusi KSO bisa mencapai Rp230 miliar terhadap pendapatan perseroan sepanjang empat bulan di akhir tahun ini, sebagaimana keterangan resmi di Jakarta, Sabtu.

Pada 1 September 2023, MKTR telah menyelesaikan akuisisi terhadap KSO yang merupakan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dengan kapasitas 30 ton per jam (TPH) berlokasi di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah.

"Kehadiran KSO juga meningkatkan produksi Palm Kernel (PK) yang berpotensi meningkat 102 persen year on year (yoy) dari semula 7.332 ton pada 2022 menjadi 14.804 ton pada 2023," ujar Harry.

Harry melanjutkan, kepemilikan KSO yang langsung terkonsolidasi terhadap total kapasitas produksi dan penjualan pada 2023 merupakan wujud nyata bahwa orientasi pertumbuhan terletak pada kreativitas dan inovasi.

”Fokus kami menitikberatkan pada penciptaan new revenue stream atau kreasi sumber pendapatan baru,” ujar Harry.

Ia menjelaskan, kapasitas produksi KSO semenjak diakuisisi MKTR meningkat menjadi rata-rata utilisasi 95 persen dibandingkan rata-rata 80 persen pada setiap bulan sebelum diakuisisi.

Pada 2024, Harry mengatakan MKTR berpotensi merealisasikan produksi CPO lebih dari 81 ribu ton, dengan Potensi pendapatan mencapai sedikitnya Rp1,2 triliun atau meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan estimasi Rp750- Rp800 miliar pada 2023.

Pada penghujung 2023, perseroan juga memasuki proses penyelesaian pabrik Palm Kernel Oil (PKO) yaitu Kernel Crushing Plant (KCP), dimana kapasitas produksi akan efektif beroperasi pada Februari 2024.

”Kapasitas produksi KCP mencapai 60 ton per hari sehingga nantinya akan menghasilkan 8.208 ton PKO dan 9.430 ton Kernel Cake,” ujar Harry.

Harry menjelaskan, potensi kontribusi KCP terhadap pendapatan MKTR bisa mencapai lebih dari Rp100 miliar pada 2024 mendatang.

Dalam kesempatan sama, Analis sekaligus founder WH Project William Hartanto mengatakan sentimen positif dari aksi akuisisi ini jangka panjang, karena peningkatan aset dan lainnya secara fundamental positif.

Ia menyebut dampak positif dari akuisisi ini untuk meningkatkan skala bisnis seperti dilakukan penguatan fundamental bisnis.

"Untuk pergerakan sahamnya, biasanya investor akan melihat fundamentalnya juga,” ujar William.

Baca juga: RUPSLB Menthobi Karyatama setujui angkat komisaris baru

Baca juga: Akuisisi KSO, MKTR bidik pendapatan konsolidasi capai Rp1 triliun


 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023