Batam (ANTARA) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mengatakan, sebanyak 250 pegolf mancanegara dan domestik bersaing dalam turnamen golf Nuvasachella Golf Tournament (NGT) di Nongsa, Batam.

“Potensi sport tourism di Kota Batam merupakan potensi yang menarik dan di daerah ini ada tujuh lapangan golf. Itu sebabnya menarik minat 250 golfer dalam dan luar negeri,” kata Ardi kepada Antara di Batam, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya yang dilakukan para pelaku pariwisata untuk meramaikan kunjungan ke sport tourism yang ada di Kawasan tersebut.

Ia mengakui, tingginya minat wisata golf di Indonesia mendorong Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengembangkan 25 lapangan golf bertaraf internasional yang berada pada lima Destinasi Super Prioritas (DSP).

“Dalam pertemuan Indonesia Tourism Outlook 2024 dengan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno pada 2 Januari lalu, lapangan golf khususnya di Batam diakui sebagai DSP,” katanya.

Menurut dia, Batam memiliki lapangan golf yang telah diakui secara internasional dan pihaknya sangat mendukung kegiatan yang diadakan berbagai unsur pelaku wisata di daerah itu.

“Sebab, Pak Wali Kota Batam menargetkan dua juta kunjungan wisatawan ke Batam dalam tahun 2024. Untuk mengejar target tersebut harus ada berbagai kegiatan di sport tourism,” kata Ardi.

Sementara itu, Golf Division Head and Project Coordinator Nuvasa Bay Sinar Mas Land Steven Japari mengatakan, Nuvasachella, Nuvasa Bay Open Golf Tournament 2024 menjadi inisiatif Sinar Mas Land untuk turut mewujudkan Indonesia sebagai destinasi golf dunia.

Menurut dia, kegiatan itu diadakan pada 19-20 Januari 2024 di Palm Springs Golf and Country Club, Nongsa, Batam.

“Turnamen golf yang diadakan di kawasan Nuvasa Bay ini tak hanya dihadiri oleh pegolf domestik tetapi juga pegolf mancanegara karena lokasinya yang sangat dekat dengan Singapura dan Malaysia,” katanya.

Ia mengatakan, sebanyak 250 pegolf domestik dan mancanegara turut berpartisipasi dalam turnamen tersebut. Mereka berasal dari Singapura, Malaysia, Jepang dan Korea Selatan, termasuk ekspatriat yang tinggal di Batam dan Bintan.

"Kepulauan Riau memiliki 10 lapangan golf dimana tujuh di antaranya berada di Batam serta tiga lainnya di Bintan. Salah satu lapangan yang menjadi favorit wisatawan mancanegara maupun pegolf adalah lapangan Palm Springs Golf, Nuvasa Bay," kata Steven.

Steven yang juga pengurus Persatuan Golf Indonesia (PGI) Provinsi Kepri mengatakan, daya tarik Palm Springs Golf adalah karena standarnya sudah internasional dengan jumlah hole terbanyak, yakni 27 hole.

“Kami juga memiliki hole yang sangat ikonik karena berbatasan langsung dengan Pantai Nongsa,” ujar Steven.

Senior Vice President Commercial Sinar Mas Land Margiman menambahkan, Nuvasa Bay Open Golf Tournament 2024 merupakan komitmen Sinar Mas Land untuk mengenalkan olahraga golf di Tanah Air sekaligus menaikkan tingkat kunjungan pegolf mancanegara ke Indonesia.

“Peserta Nuvasachella dapat menikmati pengalaman bermain golf di lanskap hijau lapangan golf Palm Springs, birunya Pantai Nongsa dengan latar gedung pencakar langit Singapura,” katanya.

Palm Springs Golf and Country Club, merupakan bagian dari Nuvasa Bay, kawasan hunian bernuansa resor yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land.

Palm Spring Golf and Country Club memiliki luas 110 hektare dengan tiga course yakni Palm Course, Resort Course, serta Island Course yang ketiganya didesain langsung secara profesional oleh Larry Nelson dan IMG (International Management Group).

Baca juga: Pasar golf Indonesia masih diincar jenama-jenama papan atas dunia
Baca juga: Penampilan dominan antarkan Atthaya menjuarai Simone APAC 2023
Baca juga: Batam siap jadi "travel hub" perjalanan pariwisata di kawasan ASEAN

 

Pewarta: Evi R. Syamsir
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024