Jakarta (ANTARA) - Penampilan dominan Atthaya Thithikul mengantarkan pegolf putri Thailand itu menjuarai Simone Asia Pacific Cup 2023 di Pondok Indah Golf Club, Jakarta.


 Pada putaran terakhir, Sabtu, Atthaya mencatatkan 69 pukulan atau tiga under, untuk membuat ia menyelesaikan ketiga putaran turnamen tersebut dengan total koleksi 202 pukulan atau 14 under.

 Ia mengoleksi lima birdie pada putaran terakhir, yakni pada hole 4, 6, 9, 10, dan 11, serta hanya melakukan dua bogey, yakni pada hole 5 dan 16.

 Atthaya merasa sangat bersyukur dengan penampilan bagusnya di ajang Simone APAC 2023, terutama setelah ia sempat tampil kurang meyakinkan pada pertengahan musim.

 :Ini semua sangat berarti, terlepas dari apakah turnamen ini merupakan kategori perorangan atau beregu, khususnya ajang ini. Dan sejak awal, saya tidak memiliki ekspektasi apa-apa terhadapnya,” kata Atthaya pada konferensi pers setelah upacara pemberian trofi.

 

Baca juga: Atthaya Thithikul kuasai puncak klasemen hari kedua Simone APAC 2023
  Pegolf 20 tahun itu tampil menonjol sejak putaran pertama. Pada putaran pertama Atthaya menduduki posisi teratas dengan tiga pegolf lainnya yang sama-sama mengantungi 68 pukulan atau empat under. Kemudian ia melejit pada putaran kedua dengan catatan 65 pukulan atau tujuh under, sebelum menutup putaran ketiga turnamen dengan 69 pukulan.


 Pesaing terdekat Atthaya di klasemen adalah pegolf Korea Selatan (Korsel) Lee Daeyeon dengan catatan total 209 pukulan atau tujuh under. Sedangkan posisi ketiga dihuni pegolf Korsel lainnya, Kim Minbyeol dengan total 211 pukulan atau lima under.

  Pegolf tuan rumah Elaine Widjaja masih menjadi pegolf Indonesia dengan catatan terbaik di Simone Asia Pacific Cup 2023, yang menghuni posisi T31. Elaine mencatatkan total 222 pukulan atau enam over, dengan rincian 76 pukulan pada putaran pertama, 72 pukulan pada putaran kedua, dan 74 pukulan pada putaran terakhir.


Baca juga: Elaine tampil lebih baik di hari kedua Simone APAC
  Wakil-wakil Indonesia lainnya tertinggal cukup jauh dari Elaine di klasemen. Kristina Natali Yoko berada di posisi T41 dengan total 227 pukulan atau 11 over, Indira Melati Putri di posisi T44 dengan total 229 pukulan atau 13 over, Patricia Sinolungan dan Inez Wannamarta di posisi T48 dengan total 233 pukulan atau 17 over, dan Putri Amani di posisi ke-53 dengan total 239 pukulan atau 23 over.


 Pada kategori beregu, tim Thailand 2 yang diperkuat Atthaya dan Jaravee Boonchant menjadi juara dengan skor 15 under. Posisi kedua kategori beregu diduduki oleh dua pasangan Korsel, yakni Korsel 4 yang diperkuat Hwang Youmin dan Kim Minbyeol, dan Korsel 5 yang diperkuat Lee Daeyeon dan Kim Minsol dengan delapan under.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2023