Medan (ANTARA) -
Minyak asiri atau essential oil dengan aroma woody bisa membantu seseorang merasa lebih nyaman bahkan terlelap, menurut pemilik usaha Fog Apothecary Vivi Tantri.
 
Aroma natural yang berasal dari kayu-kayuan ini bisa didapatkan dengan mencampurkan tiga jenis minyak seperti siberian fir, peppermint dan lemon.
 
"Misalnya (minyak) siberian fir pas dicium ada asam-asamnya ditambah saja peppermint dan lemon itu aromanya langsung meditative, nyaman," ujar dia dalam Workshop bersama UMKM Tokopedia di Medan, Rabu (21/6).
 
Minyak siberian fir diketahui bermanfaat salah satunya untuk meningkatkan sistem pernapasan, lalu peppermint bisa meredakan sakit kepala, migrain, sinusitis, hidung tersumbat akibat lendir dan sakit tenggorokan.

Baca juga: Aromaterapi ternyata bermanfaat bagi kesehatan kulit
 
Sementara minyak beraroma lemon dapat membantu melepas stres, kelelahan mental, kecemasan, ketegangan saraf dan insomnia.
 
"Kalau woody-nya untuk tidur kita bisa campur dengan lavender, ada manisnya. Cedarwood dan lavender itu pairing-nya untuk tidur," kata Vivi.
 
Efek rasa nyaman sebenarnya juga bisa didapatkan dengan mencampurkan delapan tetes minyak cypress dengan empat tetes siberian fir dan delapan tetes juniper berry.
Seseorang meracik minyak asiri dalam Workshop bersama UMKM Tokopedia di Medan, Rabu (21/6/2023). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)
 
Baca juga: Sebelum beli minyak esensial, perhatikan hal-hal berikut

Dalam pencampuran ini, seseorang biasanya membutuhkan sejumlah alat seperti tiga botol tetes, wadah, penjepit, sumbu kapas dan inhaler stick.
 
Campur minyak asiri tersebut ke dalam botol kaca. Tutup lalu goncangkan secara perlahan dan lembut selama satu menit hingga minyak tercampur secara merata.
 
Selanjutnya jepit sumbu kapas ke dalam wadah yang telah tersedia. Teteskan campuran minyak yang sudah diracik sebanyak 12 - 15 tetes pada sumbu kapas itu. Setelah minyak meresap, lalu jepitlah sumbu kapas dalam inhaler stick.
 
"Pakai essential oil itu kita cium dua jam aromanya akan berubah. Jangan pas dicium enggak enak, (langsung buang) tutup dulu dua jam, aromanya berbeda," kata Vivi.
 
Minyak asiri berasal dari hasil ekstraksi jenis tanaman tertentu dan digunakan dalam terapi alternatif aromaterapi karena dinilai sebagian orang mampu memberikan efek psikologis, seperti menenangkan pikiran.
 
Di Medan, data Tokopedia mencatat aroma woody dan floral menjadi varian yang paling populer atau paling banyak dibeli dengan peningkatan jumlah masing-masing sebesar dua kali lipat dan lima kali lipat.

Baca juga: Empat pilihan minyak esensial untuk pulihkan stamina
 

Peluang bisnis
 
Vivi berfokus pada bidang minyak asiri, perawatan tubuh dan wewangian rumah berbahan alami sejak tahun 2016 karena melihat peluang usaha produk ini terbuka lebar.
 
Dia belajar meracik essential oil secara otodidak berbekal pengetahuan yang dia dapatkan saat bekerja di pabrik sabun dan menggandeng para petani lokal untuk mendapat bahan rempah alami dan berkualitas, seperti ekstrak jahe, cengkeh dan nilam.
 
Dua tahun kemudian, Vivi bergabung dengan Tokopedia dan mengikuti beragam kampanye seperti turunan Hyperlocal yaitu Kumpulan Toko Pilihan (KTP).
 
Selama kuartal I 2023, dia mencatat adanya peningkatan jumlah transaksi Fog Apothecary lewat Tokopedia hampir 1,5 kali lipat dibandingkan kuartal I 2022.
 
"Omzet kami juga meningkat lebih dari dua kali lipat," tutur Vivi.
 
Dalam kesempatan itu, Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia Rizky Juanita Azuz mengatakan saat ini sudah ada lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia dan hampir 100 persen pelaku UMKM, termasuk dari Medan, Sumatera Utara.
 
Untuk mendorong kemajuan belasan juta penjual ini sekaligus lebih menjangkau seluruh Indonesia, sambung dia, perusahaannya melakukan berbagai inisiatif salah satunya Hyperlocal.
 
Hyperlocal dikatakan dapat mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun berada, agar pelaku usaha punya kesempatan sama untuk tumbuh, tanpa harus pindah ke ibu kota.
 
"Kalau saya berada di satu kota misalnya Medan, mau cari essential oil. Itu yang akan keluar penjual-penjual yang ada di Kota Medan," kata Rizky.
 
Menurut dia, Hyperlocal, penjual bisa terekspos pada pembeli yang mungkin juga pendatang. Sementara bagi pembeli, cara ini bisa efisien dari segi biaya hingga waktu kedatangan produk mengingat produk berasal dari tempat yang dekat, ongkos kirim lebih murah dan lebih cepat sampai.

Baca juga: Pilihan baru minyak esensial buatan lokal

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023