Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim
bersama perwakilan pegawai bermain galasin, 
permainan tradisional Betawi, di Kantor Wali Kota Jakarta Utara pada Jumat.

Kegiatan itu dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-496 DKI Jakarta. ​​​"Ini hari kedua perayaan HUT Ke-496 DKI Jakarta dan kita ikut meramaikannya dengan mengadakan berbagai lomba permainan tradisional," kata Ali.

Ali bersama tim ikut bermain galasin atau gobak sodor. Menurut dia, perlu keterampilan berlari untuk meraih kemenangan dalam permainan itu.

Inti permainannya adalah mengadang tim lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik.

Untuk meraih kemenangan, seluruh anggota tim harus berlari bolak-balik di lapangan yang telah ditentukan.

Halaman Plaza Barat Kantor Wali Kota Jakarta Utara yang berbentuk segi empat dibagi menjadi enam bagian. Garis batas dari setiap bagian diberi tanda dengan kapur putih dan merah.

Baca juga: Setu Babakan luncurkan buku toponimi sambut HUT DKI
 
Wali Kota Jakarta Utara (kaus hijau) bermain galasin ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Utara

Kedua tim bergiliran untuk menjaga garis-garis di lapangan itu dengan area penjagaan dalam garis batas horisontal dan garis batas vertikal.

Bagi anggota tim yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas.

Bagi anggota tim yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan.

Berbagai jenis permainan tradisional lainnya seperti dampu (engklek) dan juga perlombaan peragaan busana pakaian adat nusantara turut meramaikan agenda kegiatan yang diselenggarakan di halaman Plaza Barat, Kantor Wali Kota Jakarta Utara.

Baca juga: Disbud DKI berharap anak muda lestarikan permainan tradisional Betawi

Permainan itu juga diikuti Wakil Wali Kota Jakarta Utara Juaini Yusuf, Sekretaris Kota Jakarta Utara Abdul Khalit, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kota Jakarta Utara Muhammad Andri serta para pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jakarta Utara.

Semua menikmati kemeriahan HUT Ke-496 DKI Jakarta di Kantor Wali Kota Jakarta Utara dengan berbagai kegiatan tersebut.

"Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan hari ini yang luar biasa," tutur Ali.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023