Atas dasar uraian yang disampaikan, hasil pencermatan terhadap materi-materi serta dinamika daerah, maka kami anggota DPRD menyatakan menyetujui
Gianyar, Bali (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gianyar Provinsi Bali menyetujui pengesahan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Gianyar Tahun 2022 menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Gianyar melalui sidang paripurna dewan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra membacakan pendapat akhir DPRD bahwa dalam konteks pembahasan atas Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Gianyar tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022 tidak untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap muatan materinya, demikian siaran pers Diskominfo Gianyar di Gianyar, Jumat.

“Atas dasar uraian yang telah disampaikan, hasil pencermatan terhadap materi-materi serta dinamika kondisi daerah, maka kami anggota DPRD menyatakan menyetujui rancangan peraturan daerah ini ditetapkan menjadi peraturan daerah,” ujar Gus Gaga.

Diketahui pendapatan daerah tahun 2022 yang direncanakan sebesar Rp2,459 triliun sampai berakhirnya tahun anggaran 2022, realisasinya sebesar Rp2,09 triliun atau 85,10 persen, sehingga realisasi penerimaan pendapatan daerah tahun anggaran 2022 lebih rendah dari yang direncanakan sebesar Rp366,35 miliar atau 55,49 persen.

Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022 direncanakan sebesar Rp2,26 triliun, realisasi sebesar Rp1,89 triliun atau 83,52 persen lebih rendah sebesar Rp374 miliar.

Baca juga: Bupati Gianyar janji lebih cermat dalam proses anggaran APBD

Sementara itu, Bupati Gianyar I Made Mahayastra menyampaikan apresiasi kepada segenap anggota DPRD Gianyar yang telah mencurahkan segala perhatian dan pemikirannya secara proporsional untuk bersama-sama membahas Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Gianyar Tahun Anggaran 2022.

“Satu hal yang sangat membanggakan adalah adanya peningkatan kesepahaman dalam menentukan kebijakan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui sentuhan program prioritas yang sungguh-sungguh berpihak kepada masyarakat Gianyar yang kita cintai dan banggakan,” jelas Bupati.

Bupati Gianyar juga mengungkapkan masukan dari anggota dewan akan dipergunakan sebagai bahan pemikiran dan pertimbangan.

“Saya sampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama dan partisipasi dalam membangun Gianyar. Kami berharap dukungan dan kerja samanya dalam mewujudkan pembangunan Kabupaten Gianyar yang kita cintai bersama ke arah lebih baik,” pungkasnya.

Baca juga: Balispirit Festival 2023 targetkan 8.000 peserta dari 60 negara

Baca juga: Disperindag Gianyar gelar pasar murah di Ubud

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023