Kami terus memastikan aspek tersebut selalu terjaga demi kenyamanan pengguna jasa bandar udara.
Banda Aceh (ANTARA) - Pengelola Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar menyatakan terus memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan dalam menyambut liburan hari raya Idul Adha dan liburan sekolah.

"Kami terus memastikan aspek tersebut selalu terjaga demi kenyamanan pengguna jasa bandar udara," kata Executive General Manager Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Darmadi, di Aceh Besar, Jumat.

Ia memproyeksikan jumlah pengguna jasa bandar udara di provinsi ujung paling barat Indonesia itu sebanyak 2.500 penumpang per hari.

Dia mengatakan dalam menyambut Idul Adha dan libur sekolah, pihaknya juga menyiapkan personel dalam upaya memaksimalkan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa bandara.

AP II saat ini mengelola 20 bandara, yakni Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), dan Husein Sastranegara (Bandung).

Kemudian Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangkaraya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), dan Fatmawati Soekarno (Bengkulu), serta Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan AP II juga telah memiliki rencana operasional dalam menyambut libur Idul Adha pada 28-30 Juni 2023, yang juga berbarengan dengan musim liburan anak sekolah.

Pada periode libur Idul Adha yakni 22 Juni-6 Juli 2023 (H-7 hingga H+7 dari Idul Adha) jumlah penumpang pesawat di 20 bandara AP II secara kumulatif diproyeksikan mencapai 3,62 juta orang.

Jumlah penumpang itu terdiri dari H-7 hingga H-1 sebanyak 1,70 juta orang, pada hari H sebanyak 248.909 orang dan pada H+1 hingga H+7 sebanyak 1,67 juta orang.

Ia juga menyebutkan pada masa angkutan haji dan libur Idul Adha, AP II di 20 bandara menyiagakan sebanyak 4.633 personel terdiri dari personel Aviation Security, Airport Rescue & Fire Fighting, Apron Movement Control, Customer Service, Terminal Inspection Service, Digital Service dan lainnya,” kata Muhammad Awaluddin.

Di samping itu, seluruh fasilitas bandara AP II dipastikan siap untuk menjaga aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan.

Pada musim liburan sekolah dan Idul Adha ini, bandara-bandara AP II juga menyiapkan event bagi para penumpang pesawat.

Beberapa event, antara lain Parade Budaya Nusantara menampilkan berbagai pakaian adat, alat musik khas daerah dan kesenian khas daerah. Event lainnya seperti bazar UMKM, kegiatan atau lomba bagi penumpang pesawat khusus anak kecil, promosi destinasi wisata, dan sebagainya.
Baca juga: Kemenhub inspeksi keselamatan penerbangan di 40 bandara
Baca juga: Ditjen Hubud ajak operator tingkatkan keselamatan dalam kabin pesawat

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023