Banjarbaru (ANTARA) - Petugas dari sejumlah instansi pemerintah bersama para relawan berupaya memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di beberapa bagian wilayah Kota Banjarbaru, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan.

"Ratusan personel gabungan terjun untuk memadamkan karhutla di ring satu area Bandara Syamsudin Noor," kata Komandan Tim Lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan Ricky Ferdyanto kepada ANTARA di Banjarbaru, Sabtu sore.

Ia menyampaikan bahwa upaya pemadaman kebakaran lahan melibatkan petugas BPBD Kalimantan Selatan dan Kota Banjarbaru, anggota TNI dan Polri, anggota Manggala Agni, serta relawan pemadam dari swasta.

Menurut Ricky, Tim Reaksi Cepat BPBD Provinsi Kalimantan Selatan menerima informasi mengenai titik api di wilayah Banjarbaru pada pukul 11.00 WITA.

Ia menyampaikan bahwa ada tiga lokasi yang menjadi prioritas penanganan kebakaran lahan, yakni Kelurahan Landasan Ulin Selatan di Kecamatan Liang Anggang serta Kelurahan Syamsudin Noor dan Landasan Ulin Timur di Kecamatan Landasan Ulin.

Ricky mengemukakan bahwa kebakaran hutan dan lahan mencakup area yang cukup luas di wilayah Banjarbaru.

Dia belum bisa menyebutkan berapa tepatnya luas area yang terbakar, hanya memperkirakan lahan yang terbakar lebih dari 20 hektare.

"Cukup luas, kita masih berusaha melakukan penanganan," katanya.
 
Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di wilayah Kelurahan Landasan Ulin Selatan, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (24/6/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)


Menurut seorang relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK), personel pemadam kebakaran mulai turun ke lokasi kebakaran hutan dan lahan sekitar pukul 13.00 WITA.

​​​​​​​"Kebakaran cepat meluas karena cuaca cukup terik. Tetapi, seluruh petugas gabungan bekerja keras memadamkan seluruh titik api," kata Riski, anggota BPK.

Hingga pukul 18.00 WITA, kebakaran lahan di wilayah Banjarbaru belum sepenuhnya padam. Asap akibat akibat kebakaran lahan masih meliputi wilayah Kelurahan Landasan Ulin Selatan.

Baca juga:
BPBD Kalimantan Selatan tunggu bantuan helikopter untuk atasi karhutla
​​​​​​​
Kebakaran melanda tiga hektare lahan di Banjarbaru

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023