Tujuan dari program pemagangan dalam negeri tersebut adalah membantu perusahaan dalam merekrut tenaga kerja.
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Lampung mengatakan dengan adanya program pemagangan kerja dalam negeri diharapkan dapat meningkatkan keterampilan calon pencari kerja di daerahnya.

"Maksud dari diadakannya kegiatan pemagangan kerja ini adalah untuk melatih pekerja di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur dalam proses produksi barang di perusahaan, supaya menguasai keterampilan sesuai dengan kompetensinya," kata Kepala Disnaker Provinsi Lampung Agus Nompitu, melalui keterangan yang diterima di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan dengan adanya program pemagangan kerja tersebut diharapkan calon pencari kerja di daerahnya bisa meningkatkan keterampilan diri sebelum masuk ke dunia kerja.

"Tujuan dari program pemagangan dalam negeri tersebut adalah membantu perusahaan dalam merekrut tenaga kerja dan mengurangi beban biaya perusahaan untuk pelatihan calon karyawan," katanya.

Dia menjelaskan setiap tahunnya dalam program pemagangan tersebut jumlah tenaga kerja yang telah terserap sebanyak 70 persen di tiap perusahaan.

"Harapannya kepada perusahaan dapat menyerap semua tenaga kerja yang mengikuti program pemagangan dalam negeri pada tahun ini," ujarnya lagi.

Tanggapan serupa juga dikatakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto.

"Peningkatan sumber daya manusia (SDM) atau tenaga kerja yang berdaya saing tinggi menjadi hal yang wajib dilakukan. Sehingga kegiatan pemagangan dalam negeri ini merupakan salah satu langkah pemerintah daerah dalam meningkatkan kompetensi tenaga kerja," kata Fahrizal Darminto.

Dia melanjutkan kegiatan tersebut juga menjadi upaya mendekatkan pasar kerja dengan masyarakat yang mencari kerja.

"Orang mencari kerja tidak cukup dengan selembar ijazah, tetapi harus bisa menunjukkan keterampilan yang dimiliki dan pengalaman kerja," ujarnya.

Ia pun berharap pencari kerja bisa berkesempatan meningkatkan kompetensi dan jaringan menjadi lebih luas.
Baca juga: Pemprov Jateng buka kembali program magang kerja ke Jepang
Baca juga: Hoaks! Undangan tahapan seleksi kerja BPJS Kesehatan

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023