Jakarta (ANTARA) - RANS PIK Basketball Club naik peringkat lima menggeser Satya Wacana di klasemen akhir Indonesia Basketball League (IBL) Tokopedia 2023, seusai mengandaskan perlawanan Satya Wacana dengan skor akhir 68-59 di BRItama Arena, Jakarta, Sabtu.

RANS yang mengalami kelelahan karena bermain dua pertandingan berturut-turut bersusah payah untuk mengalahkan Satya Wacana yang dapat memanfaatkan keunggulan stamina.

Pertandingan berlangsung dengan tempo cepat di kuarter pertama dengan RANS dapat unggul di akhir kuarter pertama dengan skor 18-15.

Lalu di kuarter kedua RANS mulai mengendurkan serangan di awal-awal karena akurasi tembakan yang menurun. Namun berkat aksi tembakan tiga poin pemain RANS Akeem Scott pada buzzer beater kuarter kedua membuat RANS menutup babak dengan keunggulan 34-29.

Baca juga: Pelita Jaya kalahkan RANS PIK 83-74

Di awal kuarter ketiga, Satya Wacana bermain mendominasi dan banyak memanfaatkan celah dari akurasi tembakan pemain RANS yang menurun. Bahlan Satya Wacana berbalik unggul atas RANS dengan angka 39-34. Namun aksi-aksi Akeem Scott mampu membawa RANS menutup kuarter ketiga dengan skor 50-47.

Di kuarter keempat para pemain RANS menunjukkan permainan beringas lalu menutup pertandingan dengan skor akhir 68-59.

"Saya sangat lega ya althof hari ini bisa memasukkan three poin. Itu memang kendala di beberapa pertandingan padahal salah satu senjata terpenting bagi kami," kata pelatih RANS PIK Bambang Asdianto Pribadi kepada pewarta.

Sementara kapten RANS PIK Althof Dwira Satrio mengatakan dirinya kurang memperoleh ritme dalam beberapa pertandingan terakhirnya.

"Kayak kebanyakan mikir (dalam pertandingan). Kemarin pertandingan terakhir di Bandung kurang penampilannya, dari situ balik ke Jakarta udah mulai mendapatkan ritme kembali," kata Althof Dwira Satrio.

RANS PIK akan bertemu melawan Dewa United di babak play-off. Sementara Satya Wacana dipastikan tidak masuk ke dalam babak play-off karena berada di peringkat juru kunci.

Baca juga: Dewa United atasi perlawanan sengit Bumi Borneo
Baca juga: Prawira beri kekalahan terakhir untuk West Bandits

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023