Siswono: kepercayaan terhadap lembaga negara merosot

Siswono: kepercayaan terhadap lembaga negara merosot

Siswono Yudohusodo (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)

Lembaga negara yang dimaksud bukan saja legislatif tapi juga judikatif dan eksekutif atau pemerintahan"
Ambon (ANTARA News) - Wakil Ketua Badan Kehormatan DPR-RI Siswono Yudhohusodo mengatakan semua pihak harus merasa prihatin dengan kondisi makin merosotnya tingkat kepercayaan rakyat terhadap lembaga-lembaga negara.

"Lembaga negara yang dimaksud bukan saja legislatif tapi juga judikatif dan eksekutif atau pemerintahan," kata Siswono dalam pertemuan BK DPR-RI dengan pimpinan dan anggota DPRD Maluku di Ambon, Rabu.

Merosotnya kepercayaan rakyat terhadap lembaga-lembaga ini bisa membahayakan negara, sehingga peranan BK ke depan itu menjadi semakin penting dalam suasana pemberitaan media yang begitu gencar mengenai aspek-aspek negatif dari Dewan Perwakilan Rakyat.

"Sementara aspek positifnya justru jarang dimuat atau disiarkan. Misalkan DPRD menghasilkan sebuah Perda yang strategis dan sangat berarti bagi masyarakat Maluku belum tentu diberitakan, tapi bila ada satu anggota DPRD berbuat penyimpangan akan disiarkan berhari-hari," kata mantan Menteri Transmigrasi RI ini.

Oleh sebab itu, kata Siswono, BK ingin bertukar pikiran dengan seluruh pimpinan dan anggota DPRD di tingkat bawah agar dalam melaksanakan tugasnya, BK DPR dan BK DPRD itu ada yang sedikit berbeda.

(D008)

Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar