Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan bahwa Festival Lestari menjadi satu pesan dan gambaran komitmen provinsi itu dalam merawat, menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan.

"Melalui Festival Lestari, kita memberikan pesan yang kuat bahwa kita sebagai masyarakat Sulawesi Tengah siap untuk melindungi, menjaga, dan menghormati alam dan lingkungan serta budaya kita," kata Asisten Bidang Pemerintahan Pemprov Sulteng Fahruddin D Yambas di Palu, Senin.

Baca juga: Pemkab Sigi jadi tuan rumah LTKL V berharap tarik investasi hijau

Pemprov Sulteng dan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) sukses menyelenggarakan Festival Lestari V Tahun 2023 di Kabupaten Sigi. Pemprov Sulteng mengapresiasi Pemkab Sigi sebagai tuan rumah penyelenggara yang sukses menyelenggarakan Festival Lestari.

Ia mengatakan kesuksesan itu bukan hanya sukses dari aspek penyelenggaraan, melainkan sukses dalam meneguhkan komitmen multi pihak dan mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.

Menurut dia, Festival Lestari berhasil menunjukkan betapa pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan serta warisan budaya.

Ia berharap komitmen untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dan budaya tidak berakhir di seremonial Festival Lestari.

"Mari kita terus bergerak maju dengan semangat dan kesadaran untuk menjaga dan memperkuat kelestarian alam serta menghargai dan melestarikan budaya kita. Jadikan nilai-nilai yang telah kita peroleh dari festival lestari ini sebagai inspirasi untuk bertindak nyata dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Baca juga: Pemkab Sigi bersiap laksanakan LTKL dan Festival Danau Lindu

Baca juga: Kadin ajak investor wujudkan investasi lestari di Sigi


Terkait hal itu, Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan bahwa Festival Lestari meneguhkan komitmen untuk pembangunan berkelanjutan berbasis lingkungan dengan seka investasi lestari.

Investasi hijau atau investasi lestari merupakan satu proses pembangunan berkelanjutan atau investasi dengan pertimbangan lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik, dimana investor tidak lagi sekadar mengharapkan tingkat pengembalian finansial saja, melainkan juga dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup.

Melalui Festival Lestari, Pemkab Sigi berhasil menarik investor untuk berinvestasi di Sigi dengan nilai sebesar 22,7 juta dolar AS. Investasi ini diraih dalam forum bisnis dan investasi yang menjadi satu agenda Festival Lestari.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023