Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur membuka segel Gereja Palsigunung di Jalan Asem, RT 03/RW 07, Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Senin, setelah adanya kesepakatan dari jemaat gereja.

"Karena sudah ada pernyataan dari pihak Gereja Palsigunung dan diketahui unsur Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), maka hari ini segel kita lepas," kata Kepala Suku Dinas (Kasudin) Cipta Karya Tata Ruang (Citata) Jakarta Timur, Muhamad Sodik saat membuka segel gereja itu.

Segel tersebut sebelumnya dipasang Sudin Citata Jakarta Timur pada 20 Maret 2023 karena persyaratan perizinan Gereja Palsigunung belum lengkap.

Di antaranya, syarat sertifikat Laik Fungsi Bangunan sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 83 Tahun 2012 tentang Prosedur Pemberian Persetujuan Pembangunan Rumah Ibadat.

Baca juga: Kapolresto Jaktim nyatakan seluruh gereja aman untuk ibadah Natal

Pembukaan segel dilakukan dengan membuka gembok rantai dan spanduk pernyataan segel yang sebelumnya dipasang Sudin Citata Jakarta Timur pada pagar Gereja Palsigunung.

Pengurus dan jemaat Gereja Palsigunung yang hadir saat pembukaan segel menyambut baik kegiatan karena sebelum segel dibuka bangunan terbengkalai hingga ditumbuhi alang-alang.

"Terkait dengan hal pengurus akan melakukan perubahan fungsi atau lain nanti. Syarat-syarat tinggal dilampirkan, yang jelas Pemprov DKI tidak melarang orang beribadah," katanya.

Meski segel yang dipasang Sudin Citata Jakarta Timur sudah dibuka, namun jemaat Gereja Palsigunung untuk sementara belum dapat melaksanakan ibadah di lokasi sebagaimana sebelumnya.

"Karena persyaratan perizinan Gereja Palsigunung masih belum lengkap," kata Sodik.

Baca juga: Polres Jaktim Kerahkan 1400 Personil Amankan Natal

Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Jakarta Timur (Jakbar) Ma'arif Fuadi menuturkan pembukaan segel dilakukan agar pengurus dan jemaat Gereja Palsigunung dapat melakukan perawatan bangunan agar tak terbengkalai.

Sementara untuk penggunaan tempat ibadah belum dapat dilakukan hingga pengurus Gereja Palsigunung melengkapi seluruh proses perizinan sebagai tempat ibadah.

"Karena gedung ini bukan tempat ibadah. Jadi disegel karena peruntukan bangunan IMB untuk perkantoran, tapi digunakan sebagai tempat ibadah. Maka oleh Citata dilakukan penyegelan," tutur Ma'arif.

Menurut dia, gereja di Jalan Asem baru dapat digunakan untuk tempat ibadah bila sudah memenuhi persyaratan yang diatur dalam Peraturan Bersama Menag dan Mendagri Nomor 9/Nomor 8 Tahun 2006.

Baca juga: 790 petugas gabungan amankan Natal dan Tahun Baru di Jakarta Timur

Kemudian Pergub DKI Nomor 83 Tahun 2012 tentang Prosedur Pemberian Persetujuan Pembangunan Rumah Ibadat sehingga FKUB Jakarta Timur mengimbau pengurus gereja melengkapi persyaratan.

"Persyaratan yang kurang pengguna sebanyak 90 orang belum ditandatangani Lurah. Juga dukungan lingkungan sebanyak 60 orang terdiri dari masyarakat radius 500 meter," kata Ma'arif.

Dukungan dari pihak lingkungan meliputi tokoh masyarakat, seperti Ketua RT, Ketua RW, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) dan surat keterangan lurah berdasarkan keperluan nyata masyarakat.

Ketua Majelis GKI Palsigunung, Jisman Hutasoit mengatakan, pihaknya segera melengkapi seluruh proses perizinan yang dipersyaratkan agar jemaat dapat segera beribadah.

"Semua berkomitmen untuk bisa segera menyelesaikan persyaratan yang dibutuhkan" kata Jisman.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023