Jakarta (ANTARA) - Pada Idul Adha tahun ini, sebagian besar masyarakat bisa mendapatkan lima hari libur usai pemerintah menetapkan cuti bersama pada 28 dan 30 Juni 2023.

Menurut Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak dalam siaran pers Senin mengatakan, mempersiapkan liburan yang matang dalam waktu singkat bisa menjadi sebuah tantangan.

Untuk itu, ia bersama Tokopedia membagikan ide liburan yang berkesan agar masyarakat bisa menikmati liburan dengan maksimal sesuai anggaran dan kebutuhan.

Baca juga: Inspirasi liburan buah hati, belajar sains di Enatura

Piknik dalam kota

Menurut Nuraini, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di dalam kota. Ajaklah keluarga atau teman untuk berkeliling kota menggunakan transportasi publik dan berwisata kuliner, mengunjungi museum, hingga piknik.

Nikmati pemandangan hijau

Suasana serba hijau dengan udara segar serta pemandangan alam yang indah dapat secara instan membangkitkan mood dari hiruk pikuk perkotaan.

Berkemah dapat dijadikan pilihan untuk mengisi liburan singkat yang mengesankan. Tiket masuk atau menyewa area camping pun sangat terjangkau, mulai dari puluhan ribu rupiah.

Baca juga: Rekomendasi liburan keluarga dengan tema seru

Kulineran di luar kota

Ubah suasana dengan melakukan perjalanan ke luar kota. Berwisata kuliner makanan khas daerah juga bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan cuti bersama. Buatlah rencana perjalanan yang sesuai dengan anggaran.

Agar mendapatkan pengalaman baru, pilih tempat penginapan yang unik atau hotel butik dan kota tujuan yang belum pernah dikunjungi.

Staycation di hotel berbintang

Bermalam di hotel bintang lima dan memanfaatkan berbagai fasilitasnya seperti spa, makan malam romantis, hingga fasilitas olahraga premium, bisa memanjakan diri Anda selama liburan singkat saat cuti bersama dan me-recharge energi.

Baca juga: Kiat agar liburan sekolah lebih seru

Nikmati pantai

Berlibur ke pulau yang eksotis bisa juga menjadi pilihan menarik untuk mengisi liburan cuti bersama. Jika Anda memiliki anggaran lebih, cobalah menikmati pantai privat dengan menyewa resort yang ada di Kepulauan Seribu misalnya, atau melihat keindahan alam Labuan Bajo dan menyewa kapal pinisi untuk bermalam.

Sebelum pergi liburan, Nuraini mengatakan masyarakat yang merayakan Idul Adha juga bisa membeli hewan kurban melalui Tokopedia secara praktis, ekonomis dan amanah mulai dari Rp1.500.000 untuk kambing dan Rp1.800.000 untuk 1 per 7 sapi.

"Hewan kurban nantinya akan disalurkan secara transparan oleh berbagai lembaga resmi pengelola kurban yang terhubung dengan Tokopedia kepada
masyarakat yang membutuhkan,” kata Nuraini.

Baca juga: Perhatikan lima hal sebelum berlibur di masa perjalanan balas dendam

Baca juga: Wisata kereta api jadi pilihan saat liburan sekolah

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023