Kerja sama ini kami harapkan bisa memberikan dampak positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, kita juga telah melakukan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di negara-negara ASEAN dan negara lain
Pangkalpinang (ANTARA) - Universitas Bangka Belitung(UBB) bersama Robotics Society of Singapore (RSS) menguatkan kerja sama pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diharapkan mampu memberikan manfaat positif bagi para mahasiswa di kampus tersebut.

"Kerja sama ini kami harapkan bisa memberikan dampak positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, kita juga telah melakukan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di negara-negara ASEAN dan negara lain," kata Rektor UBB Ibrahim di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan penandatanganan kerja sama bidang pendidikan antara UBB dengan RSS telah dilakukan beberapa hari lalu dengan harapan mampu menguatkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Kerja sama ini akan ditindaklanjuti dengan pengembangan bidang kecerdasan buatan, obat, robotik, akuatik dan teknologi lainnya," katanya.

Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini sejalan dengan tantangan yang dihadapi generasi saat ini seiring pesatnya kemajuan teknologi, terutama dalam bidang teknologi informasi, perangkat lunak, mesin, elektronika, mekanika dan robotik.

Menurut dia kerja sama dengan RSS tersebut merupakan salah satu kerja sama yang dilakukan UBB, selain kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di negara yang berada dalam keanggotaan ASEAN.

"Kami memastikan hingga saat ini kerja sama bidang pendidikan antara UBB dengan beberapa kampus luar negeri masih terjalin sangat baik," katanya.

Kerja sama yang dilakukan UBB dengan beberapa kampus di negara anggota ASEAN, antara lain dengan melakukan kerja sama pertukaran dosen pengajar, seperti di Malaysia ada tiga dosen UBB yang sudah menyelesaikan pendidikan dan kini mengajar di kampus terpadu UBB.

Kerja sama tersebut berlanjut dengan beberapa kampus lain, seperti kerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Teknologi Mara di Malaysia dan Kyoto University di Jepang.

"Kami juga mengirim dosen untuk studi doktor di perguruan tinggi Taiwan, dalam waktu dekat kami juga akan menerima dosen tamu dari UITM Malaysia dalam kerja sama dengan fakultas teknik," demikian Ibrahim.

Baca juga: Universitas Bangka Belitung gagas gerakan mahasiswa gemar menulis

Baca juga: UBB minta penggunaan dosen asing tidak permanen

Baca juga: UBB-KND kerja sama peduli disabilitas

Baca juga: Rintisan Fakultas Kedokteran UBB disetujui Kemendikbudristek

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023