Nanning (ANTARA) - Forum Pembangunan Sosial dan Pengentasan Kemiskinan ASEAN-China ke-17 dibuka pada Senin (26/6) di kota pesisir Beihai di Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan.

Forum ini menyasar upaya memperdalam kerja sama pengentasan kemiskinan dan pembangunan pedesaan.

Forum tersebut dihadiri oleh lebih dari 200 peserta dari otoritas pengentasan kemiskinan regional, organisasi internasional, perusahaan-perusahaan China dan ASEAN, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), serta kedutaan besar dan konsulat beberapa negara anggota ASEAN di China.

Pengentasan kemiskinan dan pembangunan pedesaan adalah bidang utama kerja sama China dan ASEAN, kata Liu Huanxin, Kepala Administrasi Revitalisasi Pedesaan Nasional China, saat berpidato pada upacara pembukaan forum itu. 

Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN Ekkaphab Phanthavong menyebut forum tersebut berfungsi sebagai platform penting bagi pembuat kebijakan dan pakar dalam bertukar pandangan dan berbagi praktik baik.

"Sebagaimana tercermin dalam Pernyataan Bersama ASEAN-China tentang Penguatan Pembangunan Bersama dan Berkelanjutan, forum ini membantu memperkuat kerja sama antara ASEAN dan China," kata dia. 

Para peserta forum bertukar pandangan tentang sejumlah topik seperti integrasi pasar, perdagangan dan ketahanan pangan.

Mereka juga membahas penguatan ketahanan daerah pedesaan dan pencegahan kejatuhan kembali ke dalam kemiskinan dengan skala besar. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023