Bandung (ANTARA) -
Polrestabes Bandung menyebarkan personel untuk mengamankan momen libur panjang Hari Raya Idul Adha 2023 di sejumlah titik yang rawan mengalami kemacetan lalu lintas.
 
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan pengamanan itu khususnya dilakukan pada jalur wisata. Karena pada libur panjang itu diprediksi terjadi gelombang wisatawan yang masuk ke Kota Bandung maupun ke area Bandung Raya secara umum.
 
"Kita siapkan sprin (surat perintah) pengamanan untuk tempat wisata, tempat hiburan, jalan-jalan, kita kerahkan semua. Insya Allah kita akan memberikan rasa aman kepada pengunjung Kota Bandung, termasuk untuk keamanan," kata Budi di Polrestabes Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa.
 
Budi menjelaskan titik-titik yang berpotensi mengalami kerawanan kemacetan di antaranya pintu masuk dari Tol Pasteur, kemudian Jalan Sukajadi dan Jalan Dago yang menuju ke arah kawasan wisata Lembang, lalu akses-akses masuk ke Kota Bandung dari Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi.
 
Menurutnya penyebaran personel itu bakal dilakukan mulai Rabu (28/6) saat cuti bersama dimulai. Dalam beberapa operasi pengamanan hari besar, biasanya Polrestabes Bandung menyiapkan sekitar 2.000 personel, tetapi kini ditingkatkan.
 
"Jumlah personel kita lebih ditingkatkan. Lebih dari biasanya," kata Budi.
 
Selain mengamankan jalur dan kegiatan terkait wisata, menurutnya polisi juga mengamankan tempat ibadah umat Islam di berbagai titik di Kota Bandung berkaitan dengan Hari Raya Idul Adha.
 
"Karena di sini ada dua kegiatan agama, Salat Id yang dilaksanakan hari Rabu dan Kamis, dan itu kita siapkan pengamanan kegiatan agama, termasuk untuk libur panjang," katanya.

Baca juga: MUI Bali petakan 39 lokasi shalat Idul Adha di Denpasar
Baca juga: Penumpang Bandara Juanda naik jelang libur Idul Adha 
Baca juga: H-2 Idul Adha, KAI catatkan 175 ribu tiket terjual

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023