Kami mempersiapkan Shalat Idul Adha di lapangan parkir gedung PP Muhammadiyah pada pukul 06.30 WIB besok, memperkirakan sekitar 1.500 jamaah siap ditampung...
Jakarta (ANTARA) -
Sekretaris Takmir Masjid At Tanwir Gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Zainal Abidin menyatakan Gedung PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, siap menampung 1.500 jamaah Shalat Idul Adha yang akan diselenggarakan esok hari, Rabu, 28 Juni 2023. 
 
"Kami mempersiapkan Shalat Idul Adha di lapangan parkir gedung PP Muhammadiyah pada pukul 06.30 WIB besok, memperkirakan sekitar 1.500 jamaah siap ditampung baik di dalam lapangan parkir, maupun di sepanjang jalan Menteng, depan kantor Muhammadiyah menuju Monas," kata Zainal di Jakarta, Selasa.
 
Zainal juga mengatakan bahwa pengurus PP Muhammadiyah sudah mendapatkan izin dari pihak keamanan setempat untuk menggunakan jalan satu jalur dari arah Gondangdia, yang akan ditutup mulai pukul 06.00 WIB. Lalu lintas menuju Monas akan dialihkan sementara saat Shalat Idul Adha berlangsung.
 
Terkait penyembelihan kurban, ia menuturkan bahwa Gedung PP Muhammadiyah tidak melangsungkan proses penyembelihan kurban.

Baca juga: Muhammadiyah umumkan sejumlah lokasi Shalat Idul Adha di Jakarta

"Semua sapi dikirim ke pimpinan cabang dan pimpinan daerah Muhammadiyah se-Jabodetabek sebanyak 19 ekor," katanya.
 
Ia juga menyampaikan Imam dan Khatib untuk Shalat Idul Adha di Gedung PP Muhammadiyah esok yakni Sekretaris Majelis Tarjih PP Muhammadiyah KH Endang Mintarja.
 
Hingga malam ini, belum ada konfirmasi mengenai siapa saja pejabat pemerintahan yang akan hadir Shalat Idul Adha di Gedung PP Muhammadiyah besok.
 
"Untuk sementara belum ada pejabat pemerintahan yang mengkonfirmasi akan sholat bersama, tetapi kami tetap menyediakan tempat khusus duta besar dan pejabat apabila akan datang," tuturnya.

Baca juga: Muhammadiyah Medan tetapkan sejumlah lokasi Shalat Idul Adha besok
Baca juga: Warga Negeri Wakal Maluku Tengah lakukan Shalat Idul Adha hari ini
Baca juga: Jamaah Thariqat Syattariyah di Aceh sudah rayakan Idul Adha hari ini

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023