Pelaporan menggunakan aplikasi akan semakin memudahkan aparat kampung....
Sentani (ANTARA) - Kementerian Desa (Kemendes) Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia (RI) memberikan apresiasi terhadap pengelolaan keuangan desa di Kabupaten Jayapura, Papua.

Wakil Badan Pengembangan dan Informasi Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kemendes RI Novita Riani, di Sentani, Selasa, mengatakan saat ini melakukan penyesuaian pelaporan akan lebih mudah melalui aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

“Pelaporan menggunakan aplikasi akan semakin memudahkan aparat kampung dan akan meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa,” katanya pula.

Menurut Novita, Siskeudes yang dikembangkan oleh BPKP akan memudahkan desa dalam mengelola keuangan desa yang lebih transparan, akuntabel, tertib dan disiplin.

“Ada tiga desa terbaik di Kabupaten Jayapura yang telah melaksanakan pelaporan keuangan desa dengan baik melalui Siskeudes ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan saat ini pihaknya sedang fokus pada pendataan desa, karena hasilnya untuk pelaksanaan perencanaan pembangunan desa.

“Kami berharap dari data Siskeudes ini nantinya anggaran pendapatan dan belanja desa dan rencana kerja pemerintah desa disesuaikan berdasarkan kebutuhan,” katanya lagi.

Ia menambahkan yang dimaksud kebutuhan pada data Siskeudes seperti kemiskinan ekstrem, pencegahan atau penanganan stunting, penanganan pendidikan, kesehatan, ekonomi serta peningkatan kapasitas.

“Kami menganjurkan untuk memutakhirkan data Siskeudes, karena akan mendapat data-data mikro sehingga tepat sasaran semuanya,” ujarnya lagi.
Baca juga: Kemenkeu mengingatkan bumdes tidak matikan usaha yang dirintis rakyat
Baca juga: Ditjen Bina Pemdes dorong kelola keuangan desa lewat Siskeudes


Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023