Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menilai semangat nasionalisme keluarga Kemendes PDTT semakin tinggi seiring dengan meriahnya perlombaan dalam rangka peringatan HUT Ke-78 RI.

"Tahun ini perayaan kemerdekaan di Kemendes PDTT lebih heboh dibandingkan 2022 lalu. Artinya, semangat nasionalisme semakin bagus. Saya harap terus meningkat tiap tahunnya," ujar Mendes PDTT saat menutup rangkaian peringatan HUT Ke-78 RI di lapangan Kemendes PDTT, Jakarta, Jumat.

Menurut dia, partisipasi keluarga Kemendes PDTT merupakan bukti tingginya rasa nasionalisme untuk mengenang perjuangan kemerdekaan Indonesia.

"Alhamdulillah, penyelenggaraan ini berjalan lancar," katanya dalam kegiatan yang bertema "Junjung Sportifitas Tunjukkan Integritas dan Kualitas".

Baca juga: Mendes PDTT pimpin upacara HUT ke-78 RI di Miangas Sulawesi Utara

Di lingkungan Kemendes PDTT, lanjut dia, peringatan HUT RI selalu dilaksanakan oleh seluruh pegawai Kemendes PDTT dengan beragam lomba.

Ia menyampaikan bahwa masing-masing pegawai dapat secara leluasa menunjukkan minat dan bakatnya sesuai dengan lomba yang digelar setiap tahunnya.

Rangkaian lomba dalam perayaan kemerdekaan tahun ini dimulai sejak 24 Juli di Kantor Kalisari hingga 18 Agustus 2024 yang digelar di Kantor Kalibata.

Ada beragam jenis lomba yang dilaksanakan mulai dari olahraga, menyanyi, yel-yel, catur, MTQ, hingga stand up comedy yang pertama kali digelar di Kemendes PDTT.

Baca juga: Mendes PDTT luncurkan lomba desa wisata 2023 di Pariaman

Dalam kesempatan itu, Abdul Halim Iskandar mengapresiasi peserta pemenang lomba stand up comedy karena materi yang disampaikan sangat berbobot dan temanya sesuai dengan tugas serta fungsi Kemendes PDTT.

"Saya mengapresiasi stand up-nya bagus. Menurut saya tinggal temanya disesuaikan untuk dibawa keluar Kemendes PDTT. Saya berani mengikutkan dia dalam stand up di tempat lain," tuturnya.

Ia juga mengapresiasi juara paduan suara yang semakin terlihat potensinya yang mungkin selama ini terpendam.

Baca juga: Mendes PDTT ajak jajarannya tingkatkan kinerja pada sisa masa bakti

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid bersama pejabat eselon I dan II lainnya beserta seluruh pegawai Kemendes PDTT serta dimeriahkan oleh Tim Angklung DWP Kemendes PDTT dan bintang tamu.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023