Komisi Eropa mengatakan pembayaran dapat ditambah sebanyak 200 persen dalam dana pendamping dari anggaran nasional
Roma (ANTARA) - Komisi Eropa telah menyelesaikan proposal untuk memberi negara-negara anggota dana tambahan bagi pertanian, guna mengimbangi kerusakan akibat peristiwa iklim yang parah.

Komisi mengatakan pada Senin (26/6/2023) bahwa bagian utama dari paket bantuan berjumlah 330 juta euro (362 juta dolar AS) untuk 22 negara anggota Uni Eropa. Dua penerima manfaat terbesar adalah Spanyol, dengan 80,1 juta euro (87,8 juta dolar AS), dan Italia dengan 60,5 juta euro (66,3 juta dolar AS).

Wilayah Emilia-Romagna Italia dilanda hujan lebat dan banjir pada Mei, menyebabkan 14 orang tewas dan menyebabkan kerusakan infrastruktur dan produksi pertanian senilai miliaran euro.

Juga pada Mei, banjir di sekitar Murcia di tenggara Spanyol menyebabkan kerusakan parah. Ini adalah kedua kalinya dalam delapan bulan wilayah itu dilanda banjir parah.

Selain pembayaran yang lebih besar ke Italia dan Spanyol, paket yang diusulkan juga akan memberikan masing-masing setidaknya 10 juta euro ke Lituania dan Portugal, dan jumlah yang lebih kecil ke negara-negara dengan kerusakan banjir yang lebih rendah.

Komisi Eropa mengatakan pembayaran dapat ditambah sebanyak 200 persen dalam dana pendamping dari anggaran nasional.

Paket tersebut diharapkan akan diadopsi secara formal setelah pemungutan suara dari negara-negara anggota Uni Eropa pada pertemuan berikutnya untuk organisasi bersama pasar pertanian.

Selain itu, paket dukungan terpisah sebesar 100 juta euro (110 juta dolar AS) untuk Bulgaria, Hongaria, Polandia, Rumania, dan Slovakia telah disetujui oleh negara-negara anggota Uni Eropa pada Senin (26/6/2023).

Dana tersebut harus didistribusikan sebelum akhir tahun, kata Komisi.

Baca juga: Presiden Komisi Eropa, Presiden Prancis siapkan kunjungan ke China
Baca juga: Italia berpaling dari Pedoman efisiensi energi bangunan UE

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023