Jakarta (ANTARA) - Perusahaan penyedia solusi digital anak perusahaan CTI Group, PT Mega Buana Teknologi (MBT) menyediakan solusi keamanan siber di tengah masih lemahnya sistem keamanan online di berbagai industri.

Menurut laporan PwC Digital Insights Survey, hanya 17 persen perusahaan di Asia Tenggara yang telah sepenuhnya memitigasi risiko keamanan siber terkait digitalisasi, dan masih banyak yang belum menerapkan langkah-langkah preventif untuk menghadapi serangan di dunia maya.

Maraknya model kerja jarak jauh/remote working (43%); adopsi cloud yang dipercepat (43%); peningkatan penggunaan internet of things (34%); dan peningkatan digitalisasi rantai pasokan (32%) belum diimbangi dengan strategi penanggulangan risiko keamanan siber.

Baca juga: Mantan DK OJK: Keamanan siber perlu jadi prioritas manajemen perbankan

Melihat tantangan ini, MBT menggandeng Stellar Cyber dan berkolaborasi untuk membantu perusahaan di Indonesia mengatasi kerumitan dan kompleksitas dalam menjaga keamanan siber baik akibat ragam serangan siber yang makin canggih maupun lingkungan IT perusahaan yang juga terus berkembang seiring peningkatan bisnis.

Solusi Stellar Cyber Open XDR merupakan solusi keamanan siber terintegrasi dalam satu platform (all-in-one SecOps platform) yang meliputi NexGen-SIEM, TIP, UEBA, NDR, SOAR, dan lain-lain sehingga menawarkan efisiensi dan kemudahan untuk semua pelaku bisnis dalam melakukan deteksi, investigasi dan merespon serangan siber.

"Kami ingin membantu perjalanan transformasi digital para pelaku bisnis di Indonesia dengan memodernisasi infrastruktur IT dengan cara yang paling sederhana, termasuk keamanan sibernya," kata CEO MBT Yuwono Pranata dalam pernyataan pers, Rabu.

Melihat banyaknya kasus terkait keamanan siber yang semakin canggih dan beragam, ditambah model kerja bring your own device (BYOD), menurutnya, semakin memperbanyak celah serangan yang membuat tim keamanan siber perlu pendekatan yang lebih modern.

Open XDR platform Stellar Cyber memungkinkan pengelolaan keamanan yang terintegrasi dan otomatis sehingga mempermudah perusahaan dalam menjamin keamanan data. Stellar Cyber Open XDR memberikan kemudahan pengelolaan keamanan data dari berbagai jaringan, endpoint, cloud, maupun log dalam satu repositori.

Solusi ini dapat secara otomatis mendeteksi dan mengkorelasikan peringatan dini (alert) menggunakan mesin pendeteksi ancaman multimodal berbasis teknologi machine learning (ML), sehingga penelusuran ancaman dapat dilakukan lebih cepat, real-time dan akurat karena didukung data yang kontekstual dan insiden yang terkorelasi.

Baca juga: Masyarakat Malaysia diminta tidak unduh aplikasi “Pink Whatsapp”

Baca juga: Keamanan siber di industri kendaraan pintar hingga vivo X90s dirilis

Baca juga: Industri kendaraan pintar diimbau jaga keamanan siber

Pewarta: Suryanto
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023