Beijing (ANTARA) - Umat Islam di seluruh daratan China dipastikan menunaikan salat Idul Adha pada  Kamis (29/6), sedangkan sebagian umat Islam di Taiwan melakukannya Rabu.

"Kami melaksanakan salat Idul Adha besok pagi (Kamis, 29/6), mulai pukul 08.30," kata seorang pengurus Masjid Nanduoya kepada ANTARA di Beijing, Rabu.

Masjid tertua di Beijing, Niu Jie, yang merupakan salah satu kawasan komunitas Muslim terbesar di China juga menggelar shalat Id pada Kamis pagi.

Penetapan Hari Raya Kurban 10 Dzulhijjah 1444 Hijriah yang bertepatan dengan 29 Juni 2023 itu telah diputuskan oleh Asosiasi Islam China (CIA).

Baca juga: Sekjen MUI: Perbedaan waktu Idul Adha jadi kesempatan hargai perbedaan

Warga negara Indonesia di China akan menunaikan salat Id di beberapa masjid terdekat Kamis pagi, sedangkan sebagian umat Islam di Taiwan telah melaksanakan shalat Id pada Rabu pagi.

Pengurus Masjid Taipei di ibu kota Taiwan menggelar salat Id pada Rabu, tetapi Masjid Kaohsiung di wilayah selatan Taiwan pada Kamis.

Ribuan pekerja migran Indonesia menggelar salat Id di lingkungan atau komunitasnya masing-masing pada Kamis.

"Kami mengikuti keputusan pemerintah di Indonesia bahwa Hari Raya Idul Adha pada Kamis besok," kata Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Taiwan Didik Purwanto. 

Baca juga: Polda Metro Jaya siapkan 2.313 personel amankan kegiatan Idul Adha

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023