Situasi arus lalu lintas di Jakarta-Cikampek saat ini derajat kejenuhan jalan (v/c) rasio sudah mendekati 0,8, yakni peningkatan volume lalu lintas maka perlu dilakukan rekayasa lalu lintas
Jakarta (ANTARA) - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar arus bila terjadi kepadatan saat libur panjang cuti bersama Hari Raya Idul Adha 1444/H 2023.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korlantas Polri Brigjen Pol. Aan Suhana dalam keterangan video yang dibagikan kepada wartawan di Jakarta, Rabu, mengatakan arus lalu lintas pada saat libur cuti bersama Idul Adha baik yang mengarah ke Barat (arah Sumatera), maupun ke Timur ke daerah Jawa dan ke Selatan arah Bogor maupun Bandung diperkirakan mengalami peningkatan.

“Sesuai prediksi Jasamarga dan Kementerian Perhubungan ini ada peningkatan, Polri dan Kementerian Perhubungan serta pemangku kepentingan atau stakeholders terkait sudah menyiapkan alternatif untuk rekayasa lalu lintas,” ujar Aan.

Jenderal bintang satu itu menjelaskan situasi arus lalu lintas di Jakarta-Cikampek saat ini derajat kejenuhan jalan (v/c) rasio sudah mendekati 0,8, yakni peningkatan volume lalu lintas maka perlu dilakukan rekayasa lalu lintas berupa lawan arus (contra flow), satu jalur dan dua jalur.

Kemudian, lanjut dia, melakukan buka tutup arus di Tol MBZ apabila kepadatannya melebihi angka yang telah ditentukan petugas Korlantas Polri.

Baca juga: Pemerintah batasi operasional angkutan barang selama libur Idul Adha

Upaya lain untuk memperlancar arus lalu lintas di jalur arteri maupun tol selama libur Idul Adha, yakni Korlantas Polri melakukan pembatasan kendaraan angkutan barang sumbu tiga ke atas.

“Pada tanggal 27 Juni kemarin mulai pukul 16.00 sampai 00.00 WIB, kemudian hari ini mulai dari jam 06.00 itu akan kami batasi untuk sumbu tiga ke atas,” kata Aan menerangkan.

Pembatasan kendaraan barang sumbu tiga di ruas-ruas jalan tertentu juga diberlakukan pada saat arus balik libur cuti bersama pada hari Minggu tanggal 2 Juli 2023.

“Pembatasan ini tentu untuk kelancaran harus lalin pada saat cuti bersama libur Idul Adha,” katanya.

Aan juga mengimbau kepada masyarakat yang memanfaatkan libur panjang Idul Adha ini untuk mempersiapkan diri dan juga kendaraannya bila melakukan perjalanan jauh, baik ke tempat objek wisata ataupun pulang ke kampung halamannya.

Persiapan yang dilakukan seperti memperhatikan kondisi tubuh atau kesehatan agar betul-betul fit pada saat berkendaraan. Bila tubuh merasa lelah, konsentrasi sudah mulai berkurang dapat beristirahat di rest area atau tempat-tempat yang memadai sehingga tubuh kembali segar bisa melanjutkan perjalanan.

“Siapkan juga kendaraan biar tidak mengalami masalah baik dalam fungsi pengereman, mesin dan sebagainya, sehingga rekan-rekan bisa menikmati perjalanan ini lancar, nyaman dan berkesan,” imbau Aan.

Baca juga: Polres Cianjur rekayasa lalu lintas saat Idul Adha
Baca juga: Libur Idul Adha, Ditlantas maksimalkan jaga lalu lintas tempat wisata


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023