Saya atas nama Presiden Republik Indonesia menyerahkan hewan kurban kepada Yayasan Masjid Raya Samarinda
Samarinda (ANTARA) - Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Kaltim Isran Noor menyerahkan sapi kurban bantuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada pengurus Mesjid Raya Darussalam Samarinda, Kalimantan Timur.

"Saya atas nama Presiden Republik Indonesia menyerahkan hewan kurban kepada Yayasan Masjid Raya Samarinda," ucap Gubernur Isran Noor, saat menyerahkan secara simbolis sapi bantuan Presiden RI di Halaman Mesjid Raya Darussalam Samarinda, Rabu.

Bantuan sapi limousin dengan berat 834 kg yang dibeli  Rp84 juta dari  Prayitno, warga Makroman, Samarinda itu diterima oleh Pembina Yayasan Mesjid Raya Darussalam Samarinda Farid Wadjdy dan disaksikan pengurus Mesjid Raya Darussalam Samarinda.

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban Presiden RI ini akan diselenggarakan pada Kamis 29 Juni 2023, usai pelaksanaan salat Idul Adha 1444 Hijriah.

Gubernur Isran Noor mengatakan, berkurban merupakan syariat yang diwariskan Nabi Ibrahim AS dan disunahkan Rasulullah SAW untuk diikuti seluruh Umat Islam.

"Hewan kurban ini untuk ibadah kurban Bapak Presiden dan jajaran kantor kepresidenan dalam rangka Hari Raya Idul Adha," tambahnya, seraya mendoakan apa yang diniatkan Presiden Jokowi dan jajaran kepresidenan menjadi ibadah dan pahala, menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Pembina Yayasan Mesjid Raya Darussalam Samarinda Farid Wadjdy menyampaikan terima kasih atas diserahkannya sapi kurban bantuan Presiden Jokowi.

"Terima kasih Bapak Presiden juga Pak Gubernur sudah mempercayakan hewan kurban-nya di mesjid kami," ujarnya.

Ia mengatakan,  saat ini pengurus mesjid telah menerima 10 ekor hewan kurban hasil dari sumbangan para jemaah dan warga sekitar.

Sedangkan untuk penyelenggaraan hewan kurban, baik pemotongan dan pengemasan dilaksanakan di Rumah Pemotongan Hewan Tanah Merah Lempake Samarinda.

"Pembagian daging kurban kami kerja sama dengan lembaga keagamaan, mesjid dan musala, kelurahan dan RT untuk langsung ke warganya sesuai data. Jadi tidak menggunakan kupon," jelasnya.

Diketahui dalam rangka Idul Adha 1444 Hijriah Presiden RI Joko Widodo memberikan kurban sapi untuk 38 provinsi di Indonesia.

Masing-masing sapi diserahkan kepada pemerintah provinsi berdasarkan usulan lokasi kurban masing-masing daerah, seperti halnya di Provinsi Kaltim telah diserahkan kepada pengurus Mesjid Raya Darusaalam, Samarinda.

Baca juga: Presiden beli sapi kurban seberat 1,1 ton dari peternak Lumajang
Baca juga: Wakil Presiden serahkan sapi kurban satu ton lebih ke Masjid Istiqlal
Baca juga: Kurban sapi bantuan Presiden disembelih di Kabupaten Merangin



 

Pewarta: Arumanto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023