Imam dalam shalat Idul Adha itu adalah ustadz Rofiqi. Sedangkan khatib adalah Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Sumenep KH Dr Achmad Fauzi Tijani
Pamekasan, Jatim (ANTARA) - Ribuan umat Islam dari ormas Muhammadiyah, Rabu (28/6) memadati halaman Kantor Bakorwil yang beralamat di Jalan Slamet Readi Pamekasan untuk melaksanakan shalat Idul Adha 1444 Hijrah/2023 Masehi.

Bertindak sebagai imam dalam shalat Idul Adha itu adalah ustadz Rofiqi. Sedangkan khatib adalah Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Sumenep KH Dr Achmad Fauzi Tijani.

Puluhan personel polisi mengamankan shalat Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi warga Muhammadiyah di halaman Kantor Bakorwil IV Pamekasan, Jawa Timur, Rabu pagi.

Menurut Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Pamekasan, Kompol Bambang Hermanto, total jumlah personel yang diterjunkan guna mengamankan shalat Id warga Muhammadiyah itu sebanyak 73 personel.

"Ke 73 personel ini merupakan gabungan dari berbagai satuan dibantu TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Pamekasan," katanya.

Pengamanan oleh petugas gabungan ini mulai pukul 05.00 WIB. 

Petugas terpaksa memberlakukan pengalihan arus lalu lintas dari dan menuju Jalan Slamet Readi Pamekasan melalui Jalan Simpang Tiga Cokroatmojo di Pasar Sore ke arah selatan, sedangkan yang dari arah Sampang dialihkan melalui Jalan Niaga tembus ke Jalan Jokotole, Pamekasan.

Ia mengatakan shalat Idul Adha warga Muhammadiyah di halaman Bakorwil IV Pamekasan ini merupakan satu dari 15 lokasi shalat se-Kabupaten Pamekasan.

"Khusus pengamanan di sejumlah titik lain, dilakukan oleh polsek dibantu koramil setempat," demikian Bambang Hermanto.

Baca juga: Muhammadiyah Pamekasan larang warganya takbir keliling

Baca juga: Pesawat rute Jember-Sumenep Jatim penuh menjelang Idul Adha 1444 H

Baca juga: LPB-Muhammadiyah semprotkan disinfektan tempat ibadah umat Kristiani

Baca juga: Idul Adha di pulau terpencil di ujung timur Kabupaten Sumenep

 

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023