Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita Antara, berikut kami rangkum berita pilihan kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.

Jokowi berulang kali ingatkan DPR selesaikan RUU perampasan aset

Presiden Joko Widodo menyatakan sudah berulang kali mendorong agar DPR segera menyelesaikan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perampasan Aset, dalam upaya memudahkan proses penanganan tindak pidana korupsi.

"RUU perampasan aset, saya itu sudah mendorong tidak sekali dua kali, sekarang posisinya itu ada di DPR," kata Presiden Jokowi di sela-sela peluncuran program penyelesaian non-yudisial pelanggaran HAM berat yang berlangsung di Rumoh Geudong, Kabupaten Pidie, Aceh, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.

Mega apresiasi usul pembangunan Sukarno Memorial Library di Uzbekistan

Putri presiden pertama RI Soekarno, Megawati Soekarnoputri, mengapresiasi usulan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin atas pembangunan Soekarno Memorial Library di kompleks makam Imam Bukhari di Kota Samarkand, Uzbekistan.

Wapres Ma'ruf Amin mengutarakan hal itu setelah menyampaikan hal tersebut secara langsung kepada Megawati dalam acara Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (24/6) lalu.

Selengkapnya klik di sini.

KPU tak permasalahkan sosialisasi bacapres sebelum resmi mendaftar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tidak mempermasalahkan adanya sejumlah tokoh yang disebut-sebut sebagai bakal calon presiden yang melakukan sosialisasi kepada masyarakat karena mereka belum resmi mendaftarkan diri sebagai bacapres.

"Yang namanya bakal calon presiden, capres, itu belum ada, pendaftarannya masih Oktober 2023. Jadi, orang-orang ini bukan siapa-siapa bagi KPU. Ya belum siapa-siapa, bagaimana kami mau mengatur," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari kepada wartawan usai melantik 220 anggota KPU kabupaten/kota di Halaman Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

Patung Soekarno di GOR Saparua akan jadi yang tertinggi di Indonesia

Ketua Yayasan Putra Nasional Indonesia Pamriadi mengatakan patung Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno di GOR dan Taman Saparua, Bandung, Jawa Barat, akan menjadi patung Bung Karno yang tertinggi di Indonesia.

“Insyaallah tahun ini Monumen Plaza Bung Karno di Bandung ini akan menjadi monumen tertinggi di Indonesia, mungkin tertinggi di dunia. Ini akan menjadi ikon baru di Jawa Barat,” kata Pamriadi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

Kemhan: Kontrak pengadaan 13 unit radar GCI GM-403 Rp5,8 triliun

Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI menyampaikan nilai kontrak pengadaan 13 sistem unit radar Ground Control Interception (GCI) GM-403 buatan Thales dari Prancis bekerja sama dengan PT Len Industri (Persero) mencapai 354 juta euro atau setara dengan Rp5,8 triliun.

“Nilai kontrak pengadaannya EUR 354.119.092,” kata Kepala Biro (Karo) Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023