Jakarta (ANTARA) - Ribuan orang pagi ini melaksanakan ibadah shalat Idul Adha 1444 Hijriah di Jakarta Islamic Center, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Para jemaah menjalankan ibadah shalat Idul Adha di area Convention Hall Jakarta Islamic Center dan lapangan sekitar mesjid. Area Convention Hall dan lapangan Jakarta Islamic Center dapat menampung total jemaah sebanyak 10.000 orang.

Kepala Divisi Takmir Jakarta Islamic Center, Herlan Intanpura, saat ditemui ANTARA, Kamis, mengatakan bagian dalam Convention Hall bisa menampung 2.000 jemaah. Sementara jika digabung dengan bagian luar, area tersebut bisa menampung 8.000 sampai 10.000 jemaah.

"Di dalam ruang Convention sendiri sekitar 2.000 jamaah, jika dengan area luar sana sebenarnya bisa mencapai 8.000 sampai 10.000 jamaah," kata Herlan Intanpura.

Baca juga: Idul Adha sebagai momentum terapkan nilai dalam kehidupan sehari-hari

Pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha 1444 Hijriah pada Kamis pagi di Mesjid Raya Jakarta Islamic Center, berlangsung dengan penuh khidmat.

Para jamaah terlihat mulai berdatangan ke area mesjid sejak pukul 06.00 WIB diiringi gema takbir yang berkumandang menjelang pelaksanaan shalat Idul Adha.
Pelafalan takbir dipandu oleh Hisyam Muazzam, seorang hafidz (laki-laki penghapal Al Quran) dari DKI Jakarta yang mendapatkan peringkat terbaik I tingkat nasional pada 2022.

Pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Raya Jakarta Islamic Center dijadwalkan dimulai pada 06.30 WIB, namun, karena masih banyak jamaah yang berdatangan, shalat baru dimulai pukul 07.00 WIB.

Shalat Idul Adha dipimpin oleh Imam Abdullah Gercek, HE, dari Turki. Agenda kemudian dilanjutkan oleh khutbah yang disampaikan oleh Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta sekaligus Ketua Dewan Syuro Ikatan Dai Indonesia Prof. Dr. KH. Achmad Satori Ismail dengan tema "Merajut Tali Ukhuwah".

Achmad Satori dalam khutbahnya mengingatkan umat Islam agar senantiasa menjalankan salah satu perintah Allah SWT, yaitu menjalin ikatan persaudaraan antar sesama umat dan bangsa.

"Perpecahan merupakan satu penyakit berat, maka Allah SWT tegas memerintahkan untuk merajut tali ukhuwah (persaudaraan)," ujar Achmad Satori.

Jakarta Islamic Center tahun ini menerima titipan hewan kurban sebanyak 20 ekor sapi dan 62 ekor kambing.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dimulai pada pukul 09.00 WIB dan ditargetkan selesai pada pukul 12.00 WIB agar daging kurban dapat segera dibagikan kepada para penerima.

Baca juga: Heru serahkan sapi kurban seberat satu ton di Balai Kota DKI

Baca juga: Ma'ruf Amin: Masyarakat yang mampu jangan sampai tidak berkurban

Baca juga: Warga Yogyakarta antusias Shalat Idul Adha bersama Presiden Jokowi

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023