Jakarta (ANTARA) -
Sapi milik Penjabat  Gubernur DKI Jakarta Heru Budi hartono menjadi hewan kurban pertama yang disembelih di Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara, pada Idul Adha 1444 Hijriah.
 
​​​​​Ketua Divisi Takmir Jakarta Islamic Center Herlan Intanpura, kepada ANTARA di Jakarta Islamic Center, Kamis, mengatakan Heru Budi Hartono menitipkan seekor sapi kurban.
 
"Dari 20 ekor sapi yang kami terima ada seekor dari Pj Gubernur DKI Jakarta," ujar Herlan.

Baca juga: Heru serahkan sapi kurban seberat satu ton di Balai Kota DKI

Penyembelihan hewan kurban di Jakarta Islamic Center dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan ditargerkan selesai pukul 12.00 WIB supaya daging kurban bisa dibagikan kepada para penerima pukul 14.00 WIB.

"Kurang lebih jam 9 akan kita laksanakan penyembelihan dengan harapan jam 12 sudah selesai semua sehingga jam 2 nanti kita bisa didistribusikan ke para penerima," kata Herlan.

Selain PJ Gubernur DKI Jakarta, Jakarta Islamic Center juga menerima titipan sapi kurban dari sejumlah pejabat dan instansi lainnya seperti Walikota Jakarta Utara, Walikota Jakarta Selatan, Polres Jakarta Utara, Majelis Ulama Indonesia Jakarta, PAM Jaya, dan Dewan Masjid Indonesia yang masing-masing menitipkan seekor sapi.
 
Selain dari kalangan pejabat dan instansi, Jakarta Islamic Center juga menerima sepuluh ekor sapi dari Pondok Pesantren Tahfidz Sulaimaniyah dan seekor sapi dari PT Bogasari. Sementara Jakarta Islamic Center sendiri menyumbangkan dua ekor sapi.
 
Tahun ini Jakarta Islamic Center menerima total hewan kurban sebanyak 20 ekor sapi dan 62 ekor kambing. Namun, menurut Herlan, rasio antara hewan kurban yang diterima dengan jumlah penerima tidak berimbang.
 
Jumlah penerima daging kurban yang mayoritas adalah warga Kampung Beting, Koja, Jakarta Utara dan wilayah sekitarnya tercatat berjumlah 12 ribu orang, sementara daging kurban yang dapat disediakan diperkirakan hanya mencapai 2.000 hingga 2.500 kantung.
 
Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilakukan di halaman Gedung Sosial Budaya Jakarta Islamic Center.

Baca juga: Jokowi berikan 38 ekor sapi untuk Idul Adha 1444 Hijriah

Baca juga: Masjid Istiqlal akan potong hewan kurban pada Sabtu mendatang

Baca juga: Heru imbau warga tak buang limbah kurban sembarangan

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023