Kudus (ANTARA) - Bupati Kudus Hartopo mengajak umat Islam di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menjadikan momen Hari Raya Idul Adha untuk meningkatkan amal ibadahnya, terutama berbuat kebaikan dan peduli terhadap kaum duafa.

"Kebahagiaan pada Hari Raya Kurban ini harus disertai dengan berbagi kepada fakir miskin dan kaum duafa," ujarnya ketika menyampaikan sambutan pada pelaksanaan shalat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Agung Kudus, Kamis.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk total dalam bertakwa kepada Allah SWT. Seperti keteladanan yang ditunjukkan Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail AS.

"Kesabaran mereka menjadi pengingat bahwa semua yang ada di dunia ini hanya titipan dari Allah SWT. Pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS menjadi inspirasi totalitas beribadah kepada Allah SWT," ujarnya.

Baca juga: Wabup Probolinggo: Idul Adha momentum tingkatkan taqwa dan rasa sosial

Pada kesempatan tersebut, dia juga mendoakan seluruh jamaah yang berada di Tanah Suci Makkah dapat menjalankan rangkaian ibadah dengan lancar, sehingga dapat kembali ke Tanah Air dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur.

"Semoga jamaah yang sedang beribadah di Tanah Suci lancar dan semuanya dalam keadaan sehat," ujarnya.

Usai shalat Idul Adha, Hartopo menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor kerbau kepada Pembina Masjid Agung Kudus Aris Syamsul Maarif.

Ia mengatakan tahun ini menyerahkan lima ekor kerbau, masing-masing satu ekor diserahkan kepada pihak Masjid Agung Kudus, Masjid Menara Kudus, dan Masjid Sunan Muria Kudus, sedangkan dua ekor kerbau diserahkan kepada pihak Mushalla Al-Quds area Pendapa Kabupaten Kudus.

Baca juga: Wakil Wali Kota Depok: Maknai Idul Adha wujud keikhlasan dan ketakwaan

Terkait dengan kondisi hewan kurban di Kudus, kata dia, hasil pengecekan tim dari Dinas Pertanian dan Pangan kondisinya sehat dan terhindar dari penyakit, sehingga layak dikonsumsi.

"Kami bersama dinas terkait terus memeriksa seluruh hewan kurban. Insya Allah, hewan kurban di Kudus aman dari berbagai penyakit," ujarnya.

Shalat Idul Adha di Masjid Agung Kudus juga dihadiri Forkopimda Kabupaten Kudus dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Sedangkan yang bertindak sebagai imam dan khatib, yakni Kepala Kantor Kementerian Agama Kudus Suhadi.

Dalam ceramahnya, Suhadi menjelaskan makna dari pengorbanan untuk sesama manusia.

Baca juga: Idul Adha sebagai momentum terapkan nilai dalam kehidupan sehari-hari

"Dengan berbagi kepada kaum duafa, kita korbankan sebagian dari apa yang kita anggap berharga. Sebab semuanya hanya titipan dari Allah SWT," ujarnya.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023