Purwakarta (ANTARA) - Para pengunjung dari berbagai daerah memadati Cikao Park, salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada libur panjang Idul Adha.

"Sejak Hari Raya Idul Adha hingga sekarang ini, pengunjung terus mengalami peningkatan," kata pengelola objek wisata Cikao Park, Wijanarko Dwi Putra, di Purwakarta, Sabtu.

Pengunjung wisata yang datang, kata dia, berasal dari berbagai daerah. Ada yang menggunakan bus dan banyak pula yang menggunakan mobil pribadi.

Objek wisata Cikao Park ini berada di Kecamatan Sukatani, Purwakarta, menawarkan sejumlah wahana seperti  waterpark. Di wahana waterpark Cikao pengunjung dapat menikmati berbagai area kolam, mulai dari kolam untuk balita, anak hingga orang dewasa.

Dwi mengatakan peningkatan wisatawan mulai terjadi saat Hari Raya Idul Adha, bahkan hingga saat ini sudah ada ribuan pengunjung.

"Pada hari ini saja, kami mencatat kunjungan wisata sudah sebanyak 1.000 orang," kata dia.

Disebutkannya tidak hanya water park, tempat wisata yang memiliki luas lebih dari 10 hektare tersebut dilengkapi juga dengan suguhan wisata lainnya seperti mini zoo, rainbow slide, dan yang menarik yaitu castle cafe yang bangunannya bergaya arsitek eropa.

"Pengunjungnya itu dari Bandung dan wilayah Jabotabek. Mudah-mudahan sampai besok bisa mencapai 5000 pengunjung," katanya.

Jika ingin berwisata di Cikao Park Purwakarta ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp20 ribu untuk pintu masuk. Sedangkan untuk ke water park Rp50 ribu per-orang.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Purwakarta kini tengah menjaring wisatawan pada momentum libur panjang Hari Raya Idul Adha untuk menggerakkan roda perekonomian daerah.

"Libur panjang pada momentum Idul Adha ini adalah peluang besar yang harus dimanfaatkan, agar kunjungan wisatawan semakin meningkat," kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

Ia menyampaikan, libur Lebaran Idul Adha yang cukup panjang disertai cuti bersama pada tahun ini memberi waktu leluasa bagi masyarakat untuk bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata di Purwakarta.

"Peluang itu harus ditangkap sebaik-baiknya. Kita harus bisa menarik wisatawan untuk datang ke berbagai destinasi wisata yang ada," katanya.

Data Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta, kunjungan wisatawan di Purwakarta pada tahun ini ditargetkan mencapai 2,5 juta wisatawan.

Hingga Mei 2023, jumlah wisatawan yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di wilayah Purwakarta sudah mencapai 1.002.630 wisatawan. 

Baca juga: Bupati sebut sejumlah tempat wisata di Purwakarta layak dikunjungi

Baca juga: Pemkab jamin objek wisata di Purwakarta aman dan nyaman dikunjungi

Baca juga: Purwakarta jadikan wisata dan kuliner untuk pemulihan ekonomi daerah

 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023