berdasarkan pemeriksaan di 346 lokasi pemotongan hewan kurban di seluruh wilayah Jakarta Timur seluruhnya layak untuk dikonsumsi
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 143 petugas kesehatan hewan dikerahkan untuk memeriksa hewan dan daging kurban di wilayah Jakarta Timur mulai Kamis hingga Jumat (30/6).

"Sebanyak 143 petugas kesehatan hewan diterjunkan untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban yang belum dipotong dan yang sudah dipotong. Pemeriksaan kesehatan hewan dilakukan mulai Kamis hingga Jumat (30/6)," kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Kasudin KPKP) Jakarta Timur Ali Nurdin di Jakarta, Kamis, usai memeriksa hewan kurban di  Komplek Taman Buaran Indah, Kecamatan Duren Sawit.

Sebanyak 143 petugas itu terdiri atas Sudin KPKP Jakarta Timur sebanyak 63 orang, dari IPB sebanyak 30 orang, dan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta 50 orang,

Ali Nurdin mengatakan berdasarkan pemeriksaan di 346 lokasi pemotongan hewan kurban di seluruh wilayah Jakarta Timur seluruhnya layak untuk dikonsumsi.

"Hingga kini, kondisi hewan yang akan dipotong dan sudah dipotong itu sehat," ujarnya.

Menurut dia, pengecekan tersebut diawali pemeriksaan bagian fisik hewan sebelum disembelih (antemortem) dan dilanjutkan pada bagian dalam atau jeroan (postmortem) setelah penyembelihan.

Hal itu, lanjut dia, untuk melihat kondisi kesehatan hewan kurban sebelum disembelih dan kondisi daging kurban sebelum dibagikan kepada masyarakat.

"Tujuannya seperti apa yang kita harapkan tidak terkena dari penyakit, seperti yang tengah marak yaitu antara lain Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), juga penyakit benjol-benjol atau Lumpy Skin Disease (LSD)," kata Ali Nurdin.
Petugas kesehatan hewan dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Timur tengah melakukan pemeriksaan fisik atau antemortem terhadap hewan kurban sapi di Komplek Taman Buaran Indah, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (29/6/2023). ANTARA/Syaiful Hakim

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban di Masjid An Nur Komplek Taman Buaran Indah, Adit mengaku senang atas pengecekan hewan kurban tersebut.

Dia berharap pemeriksaan kesehatan tersebut dapat dilakukan secara rutin pada hari ke depannya.

"Terima kasih atas kunjungan pemkot dan jajaran, sehingga kita bisa mengetahui kondisi kesehatan hewan kurban, mana yang sehat dan mana yang sakit," katanya.

Di masjid itu terdapat 20 ekor sapi dan 35 ekor kambing yang akan disembelih dengan jumlah kupon yang didistribusikan kepada masyarakat sebanyak 2.900 buah.
Baca juga: Kanwilkumham DKI distribusi daging kurban lapas/rutan ke warga sekitar
Baca juga: Perumda Dharma Jaya potong 90 hewan kurban pada Idul Adha Kamis
Baca juga: Heru imbau warga tak buang limbah kurban sembarangan

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023