... bahkan bulan Ramadhan bisa mencapai Rp30 Juta hingga Rp32 juta/orang... "
Bandarlampung (ANTARA News) - Minat masyarakat umat Islam di Provinsi Lampung berumroh ke tanah suci Makkah, Arab Saudi terus meningkat, meski biayanya semakin mahal dan untuk mendapatkan kuota, visa, tiket, agar bisa berangkat serta penginapan yang dekat dengan Masjidil Haram juga semakin sulit.

"Minat warga Lampung untuk menunaikan ibadah umroh tinggi dan terus meningkat dari tahun ketahun, bahkan sekarang yang belum bisa berangkat mencapai ribuan," kata salah seorang pengelola Biro Perjalanan Haji dan Umroh, H Mahmudin, di Bandarlampung, Minggu.

Mahmudin, yang megaku baru saja kembali dari tanah suci Mekkah membimbing para jemaah ibadah umroh di Lampung, menjelaskan, saat ini biaya untuk ibadah umroh juga terus naik.

Hal itu disebabkan oleh banyak faktor, karena terbatasnya kuota, juga faktor jauh atau dekatnya pemondokan (hotel) yang akan ditempati para jemaah selama di tanah suci.

Keterangan yang dihimpun menyebutkan, sebelumnya biaya menunaikan ibadah umroh hanya sekitar Rp13 sampai dengan Rp15 juta/orang, namun sekarang sudah mencapai antara Rp18 juta hingga Rp23 juta, bahkan bulan Ramadhan bisa mencapai Rp30 Juta hingga Rp32 juta/orang.

Menurut Mahmudin, jika jarak penginapan sangat dekat dengan Masjidil Haram, maka biaya umroh bisa mencapai sektar Rp23 juta untuk bulan-bulan belakangan ini, namun jiika beberapa kilometer agak jauh dari Masjidil Haram bisa sekitar Rp18 juta. 

(M023)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013