Jakarta (ANTARA) -
Sekitar 10 ribu pengunjung memadati objek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, saat liburan panjang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah pada Jumat.
 
"Berdasarkan data yang masuk, jumlah pengunjung TMII pada Jumat ini sekitar 10 ribu orang," kata Humas TMII Novera Mayang Sari ketika dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.
 
Menurut dia, para pengunjung datang bersama keluarganya untuk menghabiskan waktu menikmati berbagai wahana edukasi di TMII.
 
Mereka menikmati wahana edukasi pada berbagai anjungan yang disediakan masing-masing pemerintah daerah hingga melihat koleksi satwa di taman burung dan reptil.
 
Tak hanya itu, TMII juga menawarkan beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan oleh pengunjung untuk menghabiskan libur panjang ini.

Baca juga: TMII salurkan hewan kurban ke Masjid Sunan Kalijaga
 
Mayang menuturkan, selama masa pekan liburan sekolah, TMII menyiapkan berbagai permainan tradisional Indonesia yang dapat dimainkan secara gratis oleh anak-anak, seperti egrang, dakon (congklak), tarik tambang, tapak gunung, lompat karet, layangan, gundu (kelereng) dan lainnya.

Semua permainan itu mengangkat tema "Kumpul Bocah" yang berlangsung sejak 15 Juni hingga 15 Juli 2023.
 
"Hal ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan edukatif bagi anak-anak selama liburan sekolah," ujarnya.
 
Selain itu juga tidak menutup kemungkinan bagi orang dewasa yang ingin kembali merasakan kenangan masa kecil, bermain dan merasakan kebahagiaan bersama teman-teman atau keluarga.

Baca juga: Liburan sekolah, TMII siapkan permainan tradisional anak
 
Manajemen TMII ingin memberikan pengalaman yang berbeda bagi anak-anak selama liburan sekolah.

"Jadi, lupakan gadget dan tugas-tugas sekolah, biarkan anak-anak menikmati masa anak-anaknya dengan gembira. 'Let kids be kids'," kata Direktur Utama TMII Claudia Ingkiriwang dalam keterangan tertulisnya.
 
Claudia berharap anak-anak dapat belajar tentang budaya Indonesia dan menjadi bagian dari budaya itu sendiri melalui permainan tradisional yang dapat dimainkan oleh anak-anak secara gratis serta pertunjukan tari yang disiapkan.
 
Area TMII yang luas dan hijau juga cocok bagi yang ingin piknik bareng keluarga atau sekedar duduk-duduk santai bareng teman sambal menghirup udara segar.
 
Untuk yang ingin berolahraga, kata dia, tersedia juga jalur khusus sepeda dan "jogging track" di sekeliling danau arsipel.

Baca juga: Budaya Papua gencar dikenalkan pada pengunjung di Taman Mini Indonesia
 
Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi menjadi pilot bisa mencoba simulator pesawat yang tersedia di Museum Transportasi TMII.
 
"Simulator pesawat ini akan memberikan pengalaman yang mendebarkan dan menguji keterampilan pengunjung sebagai pilot," ucapnya.
 
Tidak hanya itu, TMII juga menyediakan kegiatan dongeng nusantara yang memperkenalkan cerita dan legenda dari berbagai daerah di Indonesia. Pengunjung bisa pula menikmati semarak senja semesta (dendang, tari dan karnaval) yang menampilkan tarian dan musik khas daerah-daerah di Indonesia.
 
Bagi pencinta kuliner, bisa memanjakan lidahnya dengan mencicipi ragam rasa khas nusantara di TMII, seperti mi Aceh, bubur Manado, sate padang dan masih banyak lagi.

 "Jangan lewatkan kesempatan untuk menghabiskan long 'weekend' Anda dengan berbagai aktivitas seru di TMII," kata Claudia.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023