Jayapura (ANTARA) - Tim SAR gabungan, menemukan 12 dari 18 penumpang long boat yang tenggelam di perairan Buruwai, Kaimana, Provinsi Papua Barat, dalam keadaan selamat.

Kasubsie Operasi dan Siaga SAR Timika Charles Y. Batlajery, Jumat mengatakan, kantor Pencarian dan Pertolongan Timika melalui Pos Pencarian dan Pertolongan Kaimana, Jum'at (30/6) pukul 10:40 WIT menerima laporan dari Bernard terkait adanya sebuah long boat fiber bermesin 40 PK yang ditumpangi 18 orang terbalik saat menuju kampung Esenia Distrik Buruwai.

Baca juga: Tim SAR temukan jenazah penumpang dan kru pesawat SAM Air

Perahu long boat itu berangkat dari Kaimana Kamis (29/6) pukul 23:00 WIT dan direncanakan tiba di kampung Esenia Distrik Buruwai (30/6) pukul 01:00 WIT dini hari, namun dalam perjalanan long boat tersebut tenggelam di antara perairan Pulau Mandais dengan muara Burowai.

Dari laporan yang diterima awalnya sembilan orang dilaporkan selamat setelah ditolong nelayan yang sedang melintas di kawasan itu namun sembilan orang lainnya belum diketahui nasibnya.

Baca juga: Tim SAR belum temukan penumpang jatuh KMP Rishel di Perairan Merak

"Tim SAR gabungan menerima informasi nelayan menemukan lima korban meninggal sehingga tim langsung menuju lokasi untuk mengevakuasi korban ke RSUD Kaimana," kata Charles Y. Batlajery.

Dijelaskan, tercatat 12 orang selamat dalam insiden tersebut dan lima penumpang yang ditemukan meninggal yaitu Nurmayanti Majit (50 thn), Abraham (4 thn), Masdiyana Kudo (29 thn), Glend Edwar (5 thn) dan Putri (4 thn).

Baca juga: SAR temukan penumpang helikopter meninggal di pedalaman Timika

Sedangkan seorang lainnya yaitu Jihan (9th) belum ditemukan, kata Batlajery

12 Penumpang yang selamat yaitu Marsianus, Arnol, Yakobus, Yosias ,Sedek,Triska, Milka, Riski, Maya, Kristopol, Siska dan Neti

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023