Gunungkidul (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaporkan adanya kerusakan Taman Budaya hingga rumah warga mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 pada Jumat, 30 Juni 2023, sekitar 19:57 WIB.

Salah seorang anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Gunungkidul Ahmad Riyadi di Gunungkidul, Sabtu, mengatakan, berdasarkan informasi dan laporan yang masuk ke BPBD, yakni Taman Budaya Gunungkidul, Dinas Pendidikan, Pasar Argosari, Kantor BDG, Rusunawa, Polres Gunungkidul dan beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan ringan hingga berat.

"Saat ini, kami masih menunggu laporan dari tim reaksi cepat yang ada di wilayah masing-masing," kata Ahmad Riyadi.

Baca juga: Gempa 5,1 SR guncang Kabupaten Gunung Kidul

Selain gedung dan taman budaya yang rusak, beberapa rumah milik warga rusak yakni di Semanu, Rongkop, Nglipar, Panggang yang rusak ringan dan parah.

"Pendataan masih berlangsung. Tim akan melakukan penilaian tingkat kerusakan rumah milik warga," katanya.

Baca juga: Gempa Gunungkidul dirasakan hingga Purwokerto

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul Sumadi mengatakan TRC Gunungkidul siap menerima laporan dari berbagai pihak terkait kerusakan akibat gempa.

Saat ini, petugas mulai melakukan pengecekan ke lapangan untuk mengetahui secara pasti kondisi kerusakan. Informasi yang berhasil diterima beberapa rumah warga genteng atapnya turun, dan beberapa fasilitas umum dan pemerintahan juga mengalami kerusakan.

“TRC siap menerima laporan dan akan menindaklanjuti sekiranya perlu segera ditangani,” katanya.

Baca juga: Gempa 4,3 SR di Wonosari Gunungkidul
Baca juga: Gempa 5,3 SR Terjadi Dekat Gunungkidul DIY

Pewarta: Sutarmi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023