Jayapura (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat menyebutkan melalui Program Bidan Cahaya dari Yayasan Baitul Mal (YBM) diharapkan dapat mendukung perbaikan gizi bayi dan balita di wilayah kerjanya.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Budiono di Jayapura, Sabtu, mengatakan bahwa PLN hadir bukan hanya untuk menerangi masyarakat namun juga bagaimana memberikan pelayanan Kesehatan.

“Program dari YBM PLN ini sangat yang luar biasa yang mana hadir untuk melayani masyarakat, salah satunya dari bidang kesehatan,” katanya.

Menurut Budiono, program bidan cahaya saat ini telah berjalan di tujuh provinsi yaitu di Aceh, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Maluku Utara dan Papua Barat dengan bantuan 17 bidan.

“Kedepannya program ini akan terus dilanjutkan sehingga harapannya bisa membantu masyarakat di seluruh provinsi di Indonesia khususnya daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T),” ujarnya.

Dia menjelaskan seperti yang dilakukan salah satu bidan Salima Safitri Rumasukun di mana telah mengabdi selama tujuh bulan sebagai relawan bidan cahaya program YBM yang melayani lima kampung di Kabupaten Fakfak, Papua Barat Daya.

“Saya sangat mengapresiasi pengabdian dari seorang Bidan Fitri yang melayani masyarakat sepenuh hati dengan segala bentuk perjuangannya. Serta rela mengorbankan dirinya untuk membantu agar kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik,” katanya lagi.

Dia menambahkan kini program bidan cahaya YBM PLN yang diprioritaskan untuk daerah pedalaman telah melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya yaitu pemeriksaan ibu hamil, pelayanan kesehatan masyarakat, pemberian makanan tambahan, mengaktifkan posyandu, sosialisasi makanan empat sehat lima sempurna serta gerakan menanam tanaman yang mendukung asupan gizi di halaman rumah hingga mendukung pendidikan anak-anak mulai dari PAUD, TK dan TPA.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023