Untuk itu kepada masyarakat diimbau agar waspada karena hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diiringi guntur dan angin kencang tersebut dapat memicu genangan air, banjir, dan longsor
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan guntur berpotensi terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara dalam dua hari ke depan.

"Untuk itu kepada masyarakat diimbau agar waspada karena hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diiringi guntur dan angin kencang tersebut dapat memicu genangan air, banjir, dan longsor, " kata Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Nora Sinaga di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada pagi hari dalam dua hari ke depan rata-rata berawan. Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan lebat di pegunungan Sumut yang dapat picu banjir

Potensi hujan dengan intensitas sedang terjadi di Langkat, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Binjai, Deli Serdang, Simalungun, Asahan, Toba, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan dan sekitarnya.

Sementara pada malam hari berpotensi hujan ringan hingga hujan lebat di sejumlah wilayah di Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat dapat terjadi di Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Simalungun, Samosir, Medan, dan sekitarnya dan dini hari berpotensi hujan sedang di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Tapanuli Utara, Medan, dan Sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 16  sampai 34 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60 – 98 persen dan angin berhembus dari Barat Daya - Barat Laut berkecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: Masuki Juli, hujan berpotensi guyur mayoritas kota besar Indonesia
Baca juga: Wilayah DKI cerah berawan pada Sabtu malam


Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023