Dengan adanya acara ini, semoga bisa semakin memperkenalkan Pulau Belitung di dunia internasional
Belitung (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu mengatakan pergelaran Oceanic Geoventure atau The Pre ASEAN Blue Economy Forum Tahun 2023 di Kabupaten Belitung semakin memperkenalkan potensi wisata Pulau Belitung ke kancah internasional.

"Dengan adanya acara ini, semoga bisa semakin memperkenalkan Pulau Belitung di dunia internasional," kata Suganda Pandapotan Pasaribu saat membuka Oceanic Geoventure di Kampong Dedaun Belitung, Minggu.

Ia mengatakan Oceanic Geoventure di Belitung ini terdiri dari dua kategori yaitu Geo Run dan Geo Ride. Geo Run ditempuh dengan jarak 10 km dari rute Kampong Dedaun ke Pendopo Tanjung Kelayang.

Sementara itu untuk Geo Ride di tempuh dengan jarak 30 kilo meter dari Kampong Dedaun ke Pendopo Tanjung Kelayang Kabupaten Belitung menggunakan sepeda.

"Saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada para peserta Geo Run dan Geo Ride, karena masih tetap semangat melaksanakan acara meskipun diguyur hujan sejak pagi tadi," ujarnya.

Menurut dia dengan adanya kegiatan berskala internasional ini, tentunya bisa semakin memperkenalkan keindahan alam dan budaya masyarakat Pulau Belitung ke kancah internasional.

"Kegiatan ini tentunya akan membawa dampak positif terhadap perkembangan pariwisata, dimana wisatawan mancanegara akan semakin tertarik untuk berwisata di Negeri Laskar Pelangi ini," katanya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung bersama Pemkab sangat senang, semoga acara ini bisa memperkenalkan Pulau Belitung ke dunia Internasional.

“Bapak ibu tetap semangat tetap sehat, dan tentunya gembira ya, karena tidak ada yang juara ini, semuanya juara,” imbuhnya.

Acara ini dihadiri langsung oleh Kementrian PPN/Bappenas yang diwakili oleh Sekretaris Kementerian PPN/Bappenas Taufik Hanafi, Bupati Belitung Sahani Saleh, Kepala Biro Umum Provinsi Babel Burhanuddin, dan Pj Ketua TP PKK Provinsi Kepualaun Babel Maya Suganda Pasaribu. 

Baca juga: Pemkab Belitung menyiapkan agenda pariwisata berkelas internasional
Baca juga: Menparekraf harap Pesona Belitung pemantik penerbangan internasional

Pewarta: Aprionis
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023