Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa menarik terkait isu perkotaan dan kebijakan Pemprov DKI Jakarta terjadi di sepanjang Minggu (2/7), seperti teknologi AI untuk lalu lintas hingga DKI kota anti rabies.

Berikut pilihan beritanya :

1. Dishub DKI pakai teknologi AI untuk urai kemacetan di 20 persimpangan

Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyebut sebanyak 20 simpang sudah menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk membantu mengurangi kemacetan.

"Jadi, ada dua puluh simpang yang sudah menerapkan prinsip AI dengan 'intelligent transport system' (sistem transportasi cerdas) di 'traffic light' (lampu lalu lintas)," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

baca di sini


2. Heru berharap LPS Monas Half Marathon jadi acara berkelanjutan DKI

Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap kegiatan lomba lari berjarak 21 kilometer atau LPS Monas Half Marathon dapat menjadi kegiatan berkelanjutan di DKI Jakarta.

"Semoga kegiatan ini berjalan sukses di Jakarta, sehingga level jarak berlari dapat ditingkatkan dan dapat secara berkesinambungan dilaksanakan di Jakarta," kata Heru dalam keterangan tertulisnya saat melepas ribuan pelari peserta LPS Monas Half Marathon 2023 di Monas, Jakarta Pusat, Minggu.

baca di sini.


3. PJ Gubernur DKI: Mobil listrik dinas sudah masuk proses pengadaan

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat ini sedang memproses realisasi pengadaan kendaraan ramah lingkungan untuk operasional kedinasan, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas udara Jakarta, sekaligus mendorong percepatan implementasi penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

"Sedang dalam proses pengadaan sesuai rencana dalam RPD (Rencana Pembangunan Daerah). Dalam waktu dekat, realisasi kendaraan berbasis energi terbarukan akan dijalankan," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

baca di sini


4. DKI Jakarta tetap bebas rabies meski ada kenaikan kasus gigitan hewan

Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyebutkan bahwa Ibu Kota tetap berstatus bebas rabies meski terdapat kenaikan kasus gigitan hewan penular rabies (GHPR) sebanyak 206 laporan pada Juni 2023 dari sejumlah rumah sakit dan puskesmas di kota itu.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Ngabila Salama menjelaskan, pada Juni terdapat akumulasi 1.733 kasus GHPR di DKI Jakarta, yang naik 206 kasus dari total 1.527 kasus pada Mei 2023.

baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023