Padang (ANTARA) - Tim Semen Padang Football Club (SPFC) resmi menggelar latihan perdana di Training Ground SPFC Indarung Kota Padang, Sumatera Barat, Senin pagi.

Pelatih Kepala Semen Padang FC Delfiadri di Padang, mengatakan latihan perdana tim berjuluk "Kabau Sirah" dalam menghadapi kompetisi Liga 2 2023 sudah dimulai.

"Memang ada sejumlah pemain yang masih belum datang namun latihan sudah kita mulai sejak hari ini," kata dia.

Ia mengatakan ada tiga pemain yang masih berhalangan untuk hadir di mes Semen Padang FC untuk mulai berlatih dalam mempersiapkan tim jelang liga bergulir.

"Kita prediksi seluruh pemain yang sudah dikontrak tim akan datang ke Padang pada Senin depan. Kita tetap menggelar latihan sesuai perencanaan yang telah dilakukan," kata dia.

Ia mengatakan latihan perdana ini fokus untuk pengembalian kondisi pemain yang sudah lama libur dari kompetisi resmi sepakbola Indonesia.

"Dalam sepekan ini kita fokus akan hal tersebut dan pekan depan juga akan fokus pengembalian stamina pemain dalam menghadapi kompetisi," kata dia.

Delfiadri menyebutkan ada 26 pemain yang secara lisan sudah menjalin kesepakatan dengan Semen Padanfg FC dalam menghadapi kompetisi Liga 2.

Baca juga: Semen Padang FC telah miliki kerangka tim hadapi Liga 2 2023

Sebagian dari pemain tersebut merupakan punggawa lama Semen Padang di kompetisi Liga 2 2022 seperti Rosad Setiawan, Genta Alparedo, Firman Juliansyah, Wiganda Pradika, Dwi Andhika dan pemain lainnya.

"Untuk pemain Semen Padang FC nantinya akan kita perkenalkan kepada publik secara resmi," kata dia.

Kompetisi Liga 2 2023 sendiri akan diikuti 28 tim yang terbagi dalam dalam empat grup. Dan di setiap grup akan diisi oleh tujuh tim. Mereka akan berjuang menggunakan format home and away dan dua tim terbaik di setiap grup akan lolos ke babak 16 besar.

Kemudian Babak 16 besar ini akan dibagi dalam dua grup yang berisikan delapan tim dan dua tim terbaik di setiap grup akan lolos ke babak semifinal.

Di babak semifinal dua tim terbaik akan lolos dan bertarung di semifinal dan dua tim lolos ke partai final sedangkan dua tim yang kalah memperebutkan peringkat ketiga. Tiga tim akan langsung lolos ke Liga 1 musim 2024.

Sementara tiga tim di peringkat terbawah di babak penyisihan grup akan berjuang di babak 12 besar zona degradasi yang akan dibagi dalam dua grup. Mereka akan bertanding kandang dan tandang, peringkat 4,5 dan 6 di masing-masing grup akan degradasi ke Liga 3.

Baca juga: Manajemen Semen Padang FC resmi pertahankan tim pelatih di Liga 2 2023

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023