Jakarta (ANTARA) - Cessa memperkenalkan produk essensial oil “Cessa Bye Bye Owl” melalui edukasi sleep training yang merupakan metode untuk membiasakan bayi nyaman tidur sendiri sepanjang malam, dan saat terbangun pun bayi mampu untuk menenangkan diri sendiri dan tertidur kembali.

Menurut Partner Sleep Training Cessa dari Mimpi Official ID, dr. Inda Tasha Bastaman, MRes dan dr. Celestina Hardiman-Yap, MRes, sleep training dapat menjadi salah satu solusi untuk mencapai tidur yang lebih optimal dan berkualitas, baik untuk anak dan keluarga.

“Dengan sleep training, kita melatih anak untuk jatuh tertidur dan kembali tidur ketika terbangun di tengah tidurnya dengan kemampuannya sendiri. Dengan begini, tidur anak diharapkan menjadi lebih restoratif dan sehat, karena salah satu ciri-ciri tidur yang sehat adalah tidur yang tidak terpotong-potong,” ungkapnya dalam siaran resmi, Senin.

Baca juga: Penyebab gangguan tidur pada anak

Lebih lanjut, Inda menjelaskan bahwa selain pengaruh baik yang dirasakan di anak, sleep training juga memberikan dampak positif ke kesehatan fisik dan mental orangtua. Harapannya, setelah anak bisa tidur lebih panjang, orangtua pun dapat tidur yang lebih cukup.

“Dengan begini, mood keseharian orangtua lebih baik dan orangtua lebih siap menjalani hari dan hadir 100% ketika anak sedang bangun. Tidur yang cukup pun terbukti secara medis dapat menurunkan tingkat depresi pada orangtua," tambah Inda.

Contoh-contoh metode sleep training yang paling terkenal dan sudah diteliti secara medis adalah; faded bedtime atau memundurkan jam tidur malam agar anak lebih ‘siap’ tidur yang membentuk kegiatan positif sebelum tidur dan ketika anak sudah mulai mengantuk, anak mulai diajak tidur.

Kemudian ada cry-it-out di mana orangtua memberikan kesempatan anak untuk tidur sendiri dan tidak menjenguk sama sekali (kecuali anak dalam keadaan berbahaya) sampai jam yang sudah ditentukan keesokkan harinya.

Ketiga, ada graduated extinction ketika orangtua memberikan kesempatan anak untuk tidur sendiri sambil menenangkan secara berkala di interval-interval yang sudah ditentukan.

Terakhir adalah camping out yaitu orangtua memberikan kesempatan anak untuk belajar tidur sendiri sambil orangtua masih di dekat anak sampai anak jatuh tertidur.

Untuk mendukung proses sleep training, orang tua juga bisa memberikan minyak essensial kepada buah hatinya. Pemberian pijatan dengan minyak essential oil yang mengandung lavender, mampu memberikan rasa nyaman kepada anak, serta membantu melancarkan proses sleep training ini.

“Cessa Bye Bye Owl ini dapat dioleskan di area dada, leher, punggung dan area tulang belakang, dengan disertai pijatan lembut yang memberikan rasa nyaman kepada anak. Karena menggunakan bahan alami Cessa tentunya aman digunakan di kulit bayi yang sensitif.” ungkap Brand General Manager Cessa, Theresia Marsha.

Cessa Bye Bye Owl mengandung kombinasi 100 persen bahan alami dari keharuman lavender dan kesegaran lemon yang diformulasikan khusus untuk memberikan rasa nyaman pada bayi dan anak. Lavender dikenal sebagai aroma terapi yang efektif tingkatkan kualitas tidur untuk bantu si Kecil istirahat lebih pulas.

Baca juga: Cessa luncurkan 10 produk baru "essential oil roll" untuk anak

Baca juga: Penelitian sebut pola tidur sehat lindungi diri dari risiko asma

Baca juga: Riset: Pandemi mengubah pola dan efisiensi tidur di seluruh dunia

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023