• ZTE ingin membangun Phygital DNA yang mempercepat iterasi dan inovasi, hingga mengubah masyarakat secara keseluruhan
  • ZTE mengambil langkah terarah untuk mempercepat terobosan dari sisi efisiensi optimum, kapabilitas yang lebih baik, serta aplikasi pintar dan simpel.
  • Di MWC Shanghai, CEO, ZTE, Xu Ziyang, menerima "Outstanding Contribution to the Asia Mobile Industry Award" di ajang Asian Mobile Awards (AMO) 2022 yang digelar GSMA
Shanghai, (ANTARA/PRNewswire)- ZTE Corporation (0763.HK / 000063.SZ), perusahaan terkemuka di dunia yang menyediakan solusi teknologi informasi dan komunikasi, hari ini mengumumkan, CEO, ZTE, Xu Ziyang, menyampaikan paparan di sesi "Digital First Networks" dan GTI Summit Shanghai. Dalam paparannya, Xu berbagi tentang analisis dan praktik yang dijalankan ZTE di era digital ini.

Di sesi "Digital First Networks", Xu menjelaskan, akibat berbagai ketidakpastian, transformasi digital di industri mungkin memiliki jendela peluang yang terbatas. Situasi ini menuntut tanggung jawab dan tekanan yang lebih besar. Maka, ZTE mengutamakan teknologi, infrastruktur, dan aplikasi yang menjadi pondasi penting, sekaligus meningkatkan integrasi dunia fisik dan digital, konvergensi komputasi dan jaringan, serta mendorong efisiensi dalam kegiatan produksi dan transaksi. Lewat langkah ini, ZTE ingin membangun Phygital DNA demi mempercepat iterasi dan inovasi hingga mengubah masyarakat secara keseluruhan.

Di GTI Summit Shanghai 2023, Xu mengulas analisis dan praktik ZTE di industri digital. Menurut Xu, infrastruktur digital di Tiongkok, khususnya jaringan dan daya komputasi dual-gigabit, telah berkembang dengan baik. Demi menangkap peluang ini, ZTE mengambil langkah terarah untuk mempercepat terobosan dari sisi efisiensi optimum, kapabilitas yang lebih baik, serta aplikasi pintar dan simpel. Seperti digarisbawahi Xu, ZTE hanya dapat berkembang semakin kuat jika berupaya mencapai keunggulan ketika mengatasi tantangan terberat.

Di MWC Shanghai, Xu menerima "Outstanding Contribution to the Asia Mobile Industry Award" di ajang Asian Mobile Awards (AMO) 2022 yang digelar GSMA. Penghargaan ini mengapresiasi kepemimpinan Xu yang telah membuat ZTE terus meningkatkan inovasi industri, mempererat kolaborasi lintasindustri, serta menggerakkan perkembangan industri seluler global.

Berikut ini teks asli dari paparan Xu Ziyang yang berjudul "Convergence and Innovation - Build Phygital DNA for Faster Growth":

Kini, infrastruktur digital di Tiongkok, khususnya jaringan dan daya komputasi dual-gigabit, telah berkembang dengan baik. Konsumen pun beralih dari komunikasi suara dan data menuju layanan informasi pintar dan terintegrasi yang dirancang untuk skenario tertentu seperti Fiber to the Room (FTTR), intelligent cockpits, virtual-real fusion, dan low-altitude economy. Lebih lagi, digitalisasi industri telah memasuki tahap krusial, sedangkan, kendala timbul dari sisi permintaan dan penawaran. Misalnya, di sisi permintaan, kesulitan muncul dalam integrasi layanan, biaya manajemen yang mahal, serta hambatan pada inovasi layanan. Di sisi penawaran, bagaimana kita menyeimbangkan lonjakan kebutuhan dan biaya yang hemat, skenario terfragmentasi dan aplikasi berskala luas, serta besarnya nilai investasi dan lambannya monetisasi? Kabar baiknya, di tengah kendala tersebut, kami menemukan jalan keluar lewat terobosan teknologi dan kolaborasi. TIK mengalami iterasi yang kian cepat, bahkan inovasi teknologi penting muncul semakin sering, seperti 5G-Advanced, 6G, FTTR, 400G OTN, heterogeneous computing, dan pusat data modern.

Sekarang adalah era ledakan data, pemrosesan dan sirkulasi data dibutuhkan di setiap lokasi, namun dengan standar yang berbeda-beda. Seperti yang Anda ketahui, ChatGPT menjadi produk yang disambut dengan hangat, dan memicu perkembangan pesat AIGC secara global. Lebih lagi, tantangan pun muncul dalam mengatasi perlambatan Hukum Moore, serta menjamin keamanan digital. Di tengah tren ini, ZTE berfokus pada teknologi yang menjadi pondasi penting, infrastruktur, dan aplikasi, serta meningkatkan integrasi dunia fisik-digital, Konvergensi Komputasi dan Jaringan (Computing and Network Convergence/CNC) sekaligus efisiensi yang lebih baik dalam kegiatan produksi dan transaksi. Lewat langkah ini, kami ingin membangun phygital DNA yang mempercepat iterasi dan inovasi, dan pada akhirnya merombak masyarakat secara keseluruhan.

Dalam hal teknologi yang menjadi pondasi penting, prioritas utama adalah membuat terobosan dari sisi cipset, komponen dan material, serta algoritma dan arsitektur. Hal-hal ini menjadi pondasi inovasi, dan menentukan seberapa jauh langkah kita dalam hal peningkatan kapabilitas dan efisiensi, serta perluasan batasan dan integrasi teknologi. Untuk itu, ZTE mengambil langkah nyata dan terus berupaya mewujudkan keunggulan, bahkan ketika mengatasi tantangan terberat.

Sama seperti otak manusia atau mesin mobil, cipset menjadi salah satu teknologi dasar yang paling utama, bahkan secara langsung memengaruhi kinerja, integrasi, dan Power Usage Effectiveness (PUE) sebuah produk. Di segmen penting lainnya, seperti fasilitas komputer, 5G, sakelar pusat data, serta terminal, ekspektasi dan kebutuhan pun kian besar. Maka, kami membuat inovasi dan terobosan dengan menjalankan berbagai langkah. Misalnya, proses canggih diterapkan, dan inovasi terwujud dalam Domain-Specific Architecture (DSA), kemasan, dan desain sistemis demi memperpanjang Hukum Moore. Di sisi lain, kami melansir komputasi heterogen (heterogeneous computing) sesuai skenario penggunaan yang berbeda-beda untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi. Kami juga mencapai akselerasi perangkat keras berdasarkan DPU dan NIC pintar, serta selalu meningkatkan optimasi perangkat lunak dan keras.

Inovasi pada komponen dan material, seperti power amplifier baru, filter, elemen antena, serta desain disipasi panas, turut menciptakan manfaat masif. Misalnya, power amplifier, sejalan dengan 1% peningkatan efisiensi power amplifier, PUE peralatan secara keseluruhan bertambah sekitar 1-2%. Hasilnya, bandwidth dapat menjadi lebih besar, dan daya transmisi base station pun bertambah kuat. Dengan upaya yang terus dilakukan di segmen ini, ZTE berhasil mencapai efisiensi power amplifier hingga 8% lebih tinggi ketimbang kinerja rata-rata di industri. Di sisi lain, kami juga menggunakan   optical backplanes yang fleksibel untuk Optical Cross-Connects (OXCs) 32 dimensi. Tujuannya, memperingkas arsitektur peralatan sekaligus meningkatkan kapasitas dan kinerja jaringan secara drastis. Demi memperluas jangkauan dan mengurangi penetration loss gelombang milimeter, ZTE memakai Reconfigurable Intelligent Surface (RIS) yang meningkatkan jangkauan, pengalaman pengguna, serta efisiensi implementasi secara signifikan.

Dari sisi algoritma dan arsitektur, solusi 5G PowerPilot ZTE mendukung efisiensi energi pada jaringan nirkabel hingga 35%. Hal tersebut akan mengurangi konsumsi energi pada satu lokasi hingga serendah 5 watt dalam sleep mode. Berdasarkan algoritma untuk kolaborasi dinamis antara base station dan RIS, solusi Dynamic RIS kami memperluas jangkauan gelombang milimeter sebesar 30%, dan downlink rate rata-rata juga meningkat hingga enam kali lipat. Lebih lagi, solusi distributed database kami, GoldenDB, mampu menambah kinerja dan kapasitas database hingga 10 kali lipat, serta menghemat 70% investasi dengan memisahkan perangkat keras dan lunak.

Untuk infrastruktur dan peningkatan kapabilitas, kuncinya terletak pada jaringan, daya komputasi, serta konvergensi komputasi dan jaringan.

Guna menambah kinerja jaringan, ZTE bertekad menyediakan produk dan solusi yang penuh terobosan.

Solusi UniSite versi terbaru mengintegrasikan perangkat berbobot ringan, seperti seri UBR, seri A+P, serta antena broadband sehingga mempermudah implementasi lokasi multi-mode dan multi-band.

Solusi 5G TSN memberikan konektivitas deterministik dengan ketersediaan "five 9s", menjamin latensi di bawah 5 milisekon, serta jitter dalam hitungan milisekon dalam skenario industri.

Sistem SBFD kami telah meningkatkan uplink throughput hingga di atas 1,4 Gbps, serta mengurangi latensi terpadu menjadi 4 milisekon untuk single carrier.

Di sisi lain, base station Integrated Sensing and Communication (ISAC) telah meningkatkan low-altitude economy serta merealisasikan transportasi pintar.

Teknologi RedCap memenuhi kebutuhan skenario IoT berkecepatan medium dan tinggi dengan biaya yang lebih hemat, secara drastis memperluas jangkauan aplikasi 5G.

Solusi 400G OTN mendukung transmisi ultra-long-haul, membangun infrastruktur optik untuk East-to-West Computing Resource Transfer Project yang digagas Tiongkok.

Solusi FTTR menyediakan pengalaman gigabit-plus broadband di seluruh rumah bagi setiap keluarga.

Menuju jaringan otonom level-4, kami menggunakan digital twin yang menciptakan mixed reality experience, serta membangun intent-based network untuk koordinasi manusia-mesin. Hal ini mencapai pemrosesan terpadu dalam hitungan detik, serta closed-loop O&M pada berbagai domain dengan fitur self-X.

Untuk infrastruktur daya komputasi, ZTE menyediakan produk server dan penyimpanan data yang lengkap, termasuk general-purpose server, GPU server/intelligent computing cluster, liquid-cooled server, serta all-flash and hybrid flash storage. Lebih lagi, cold plate liquid cooling juga dipakai sehingga konsumsi listrik semakin hemat. Di sisi lain, indirect evaporative cooling, extreme liquid cooling, dan AI-driven management mengurangi PUE pada pusat data modern kami hingga 1,13. Dengan TECS Cloud Foundation (TCF), distributed precision cloud, sumber daya komputasi dialihkan dari cloud, edge, dan terminal demi mewujudkan implementasi multilayanan dan on-demand scheduling.

Untuk CNC dan CPN, ZTE telah mengembangkan solusi TIK terpadu yang mengintegrasikan edge cloud. Solusi ini memiliki rangkaian teknologi cloud IaaS/PaaS, serta mendukung komputasi heterogen sekaligus perencanaan, konstruksi tunggal, dan O&M infrastruktur TIK. Maka, solusi ini menyediakan panduan praktis tentang evolusi dari edge computing menuju jaringan daya komputasi.

Di sisi lain, kami aktif mengeksplorasi sinergi komputasi dan jaringan guna membangun jembatan antara jenjang aplikasi dan jaringan. Dengan demikian, jaringan dapat mengidentifikasi permintaan layanan dan sumber daya komputasi, menerapkan computing power routing, serta merealisasikan on-demand scheduling pada berbagai resource pool.

ZTE pun membangun pusat orkestrasi dengan API tunggal dan terbuka. Pusat orkestrasi ini mendukung manajemen fleksibel dalam lingkungan multivendor dan multi-cloud, serta menjamin layanan bermutu yang mengintegrasikan "konektivitas, komputasi, dan kapabilitas digital". Lewat cara ini, kami tidak hanya mewujudkan peluang baru, namun juga memberdayakan transformasi digital di beragam industri secara cepat dan hemat biaya.

Di tengah digitalisasi industri yang kian cepat, kami menyaksikan efisiensi produksi dan produksi yang lebih optimal.

ZTE terus berupaya meningkatkan efisiensi produksi bagi mitra-mitranya.

Di pabrik pintar Ansteel yang memproduksi baja, teknologi URLLC yang mengendalikan mesin dari jarak jauh telah digunakan pada overhead crane, mencapai ketersediaan "five 9s", kenaikan efisiensi produksi hingga 100%, serta menghemat biaya ketenagakerjaan hingga 20%.

Di pabrik pintar milik Benxi Tool, kami menyediakan machine vision yang didukung AI sehingga meningkatkan akurasi inspeksi mutu hingga dua mikron, serta menghemat biaya hingga 15%.

Fasilitas pergudangan dan logistik berbasiskan AGV berhasil merealisasikan fleksibilitas dan lean management. Misalnya, kami telah membantu Gree meningkatkan otomatisasi pergudangan hingga 60%, dan mempersingkat turnover time hingga kurang dari dua hari. Di pabrik pintar JA Solar, AGV digunakan untuk mendistribusikan silikon secara otomatis setiap saat.

Dengan digital twin yang mampu mempelajari situasi, kami telah meningkatkan manajemen staf lapangan dan keselamatan kerja bagi Wonfull Petrochemical. 

Untuk meningkatkan efisiensi transaksi dan mengubahnya hingga memiliki nilai pasar, kami membantu kegiatan operasional pada seluruh proses kerja dengan teknologi digital, yakni menyingkirkan kesenjangan informasi, serta mewujudkan interkoneksi data terpadu, serta analisis dan pencocokan dengan teknologi pintar.

Bekerja sama dengan China Telecom Sichuan, ZTE telah melansir proyek percontohan rantai pasok berteknologi pintar dengan 5G+. Dengan mengintegrasikan teknologi, seperti automatic sorting, AGV, dan label RFID, kami melakukan kustomisasi sistem distribusi digital yang melakukan pengadaan barang terpadu, layanan direct-to-store, kolaborasi industri, serta struktur yang lebih ringkas. Dengan sistem ini, efisiensi pengiriman barang meningkat hingga 50%, dan inventori pun berkurang 1/3.

Di Tianjin Port, kami mewujudkan remote quay control, swakemudi truk kontainer, 5G intelligent tallying, serta intelligent on-demand stacking, dan penyortiran barang secara seketika. Lewat langkah tersebut, efisiensi kegiatan operasional secara keseluruhan meningkat 20%.

Bekerja sama dengan China Southern Power Grid, kami menyambungkan grid control dan detection node pada jaringan 5G berskala luas, serta mewujudkan pengumpulan data konsumsi listrik berfrekuensi tinggi pada jaringan broadband secara seketika. Solusi ini tak hanya merealisasikan konsumsi listrik pintar dan keamanan listrik, namun juga meningkatkan efisiensi distribusi listrik hingga 2,7 kali, dan mempercepat akses energi hijau.

Agar beradaptasi secara lebih baik dengan skenario yang beraneka ragam dan berkembang pesat, kami baru saja melansir ZTE Digital Nebula 2.0. Dengan arsitektur tunggal dan desain yang mudah dikembangkan skalanya, solusi ini dapat meningkatkan adaptabilitas di berbagai industri, mewujudkan potensi yang kian besar, serta semakin meningkatkan efisiensi produksi dan transaksi. Dengan demikian, solusi ini membantu beragam industri meningkatkan efisiensi yang berorientasikan data, membangun fleksibilitas lewat kolaborasi lintasdomain, serta menambah aspek kepercayaan berdasarkan prinsip keterbukaan dan transparansi.

Phygital DNA kelak berkontribusi terhadap masyarakat yang semakin sejahtera. Dengan pola pikir ilmiah dan semangat yang berorientasi pada semangat manusia, ZTE mengandalkan infrastruktur digital dan AI untuk meningkatkan dan menopang pertumbuhan berkelanjutan demi kemaslahatan. Secara khusus,

  • Dengan mempromosikan inklusi digital, kami ikut menutup kesenjangan digital di seluruh dunia, serta menjamin pemerataan sumber daya sosial.
  • Dengan kapabilitas digital, kami berupaya membangun wawasan bagi seluruh umat manusia agar kebudayaan kita tetap lestari.
  • Dengan teknologi inovatif, kami berkomitmen mencapai pembangunan yang lebih seimbang, ramah lingkungan, dan rendah karbon bersama mitra global.
Kami sangat optimis, peradaban manusia dan teknologi akan saling melengkapi, serta mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Di era yang luar biasa, kita semua menyaksikan dan ikut serta dalam perubahan bersejarah. Sebagai perusahaan digital, ZTE berkomitmen terhadap inovasi DICT full-stack, all-domain, dan full-cycle. Sebagai motor penggerak ekonomi digital, kami selalu berpegang pada filosofi bisnis "Simplicity, Agility, and Openness for Win-Win". Bersama operator, serta mitra industri dan ekosistem, kami ingin membangun ekosistem digital dan teknologi pintar demi kesuksesan bersama, serta selalu berperan mempromosikan pembangunan berkelanjutan.

Terima kasih.

TENTANG ZTE:

ZTE menghubungkan dunia dengan inovasi berkelanjutan demi menciptakan masa depan yang lebih baik. ZTE menyediakan teknologi inovatif dan solusi terintegrasi. Portofolio produk ZTE mencakup seluruh layanan nirkabel, jalur kabel, perangkat, dan telekomunikasi profesional. Melayani lebih dari seperempat penduduk dunia, ZTE bertekad menciptakan ekosistem digital yang berteknologi pintar, serta menghadirkan konektivitas dan aspek kepercayaan di setiap lokasi. ZTE terdaftar di Bursa Efek Hong Kong dan Shenzhen. www.zte.com.cn/global 

IKUTI KAMI:


NARAHUBUNG MEDIA:

ZTE Corporation
Communications

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023