Setibanya di asrama haji debarkasi, jamaah akan menerima lima liter air zamzam, sedangkan lima liter tambahannya, akan diterima di Kantor Kemenag kabupaten/kota pada kesempatan berikutnya
Mekkah (ANTARA) - Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag) Saiful Mujab memaparkan alur distribusi penambahan lima liter air zamzam yang akan diterima oleh jamaah haji Indonesia.

"Setibanya di asrama haji debarkasi, jamaah akan menerima lima liter air zamzam, sedangkan lima liter tambahannya, akan diterima di Kantor Kemenag kabupaten/kota pada kesempatan berikutnya," kata Saiful Mujab, di Mekkah, Selasa.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sebelumnya telah mengambil kebijakan untuk menambah air zamzam yang dibagikan ke jamaah dan diumumkan bersamaan dengan pelepasan keberangkatan jamaah kloter pertama Embarkasi Batam (BTH 01) di Syisyah-Mekkah, 3 Juli 2023.

Dalam kurun lebih dari 10 tahun terakhir, jamaah haji Indonesia mendapat air zamzam sebanyak lima liter. Air Zamzam itu sudah dikemas dalam galon yang dimasukkan dalam kardus dan dibagikan ke jamaah setibanya di asrama haji debarkasi.

Air zamzam tersebut dibawa oleh maskapai, baik Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines, pada fase pemberangkatan jamaah haji.


Baca juga: Jamaah haji dapat 10 liter air zamzam dan dibagikan di debarkasi

Saiful Mujab menambahkan setelah kebijakan menambah air zamzam disepakati, pihaknya segera berkoordinasi dengan pihak maskapai penerbangan.

Rapat koordinasi secara daring digelar untuk menyepakati teknis pengiriman air zamzam tambahan bagi jamaah haji Indonesia.


"Kami dan maskapai sepakat untuk mengirim air zamzam tambahan untuk jamaah haji Indonesia secara bertahap," katanya.

Setelah sampai di Tanah Air, lanjut Saiful, aiir zamzam tambahan akan didistribusikan ke Kemenag provinsi untuk diteruskan ke Kantor Kemenag kabupaten/kota.

"Jamaah haji nantinya bisa mengambil lima liter tambahan air zamzam itu di Kantor Kemenag kabupaten/kota masing-masing. Kami usahakan agar jaraknya tidak terlalu lama dari kepulangan jamaah," katanya.

Baca juga: PPIH Surabaya pastikan setiap jamaah haji dapat air zamzam 10 liter
Baca juga: Sebanyak 6.791 galon air zamzam tiba di Embarkasi Makassar


Pewarta: Nur Istibsaroh
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023