Sampai hari ini baru 90 ribu galon air zamzam yang sudah kita kirim. Jadi masih banyak yang harus dikirim
Jakarta (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi secara bertahap telah mengirim tambahan air zamzam untuk jamaah haji Indonesia ukuran lima liter sebanyak 90 ribu galon.

"Sampai hari ini baru 90 ribu galon air zamzam yang sudah kita kirim. Jadi masih banyak yang harus dikirim," ujar Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Haryanto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Haryanto mengatakan air zamzam tambahan tersebut akan dikirim ke 13 embarkasi di seluruh Indonesia. Untuk pengambilannya menunggu informasi dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag pada masing-masing daerah.

Akan tetapi secara teknis, kata dia, jamaah atau keluarga peserta ibadah haji bisa mengambil di embarkasi dengan membawa paspor jamaah bersangkutan.

Baca juga: Kemenag paparkan alur distribusi tambahan 5 liter air zamzam jamaah

"Soal pengambilan air zamzam, akan ada informasi lebih lanjut dari Kanwil Kemenag," kata Haryanto.

Sebelumnya pada penyelenggaraan ibadah haji 2023 jamaah haji Indonesia akan memperoleh tambahan air zamzam sebanyak lima liter, sehingga total air zamzam yang akan diterima jemaah sebanyak 10 liter.

Adapun rinciannya yakni lima liter pertama diterima jamaah setibanya di debarkasi, sementara tambahan lima liter berikutnya menunggu pengiriman tahap dua dari Saudi Arabia.

"Setibanya di Tanah Air. Jamaah menerima air zamzam sebanyak lima liter. Untuk air zamzam tambahan, secara bertahap mulai dikirim dari Saudi Arabia," kata Haryanto.

Menurutnya, tambahan lima liter air zamzam menjadi berkah tersendiri bagi jamaah Indonesia. Pasalnya, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir jamaah haji Indonesia hanya memperoleh air zamzam sebanyak lima liter.

Baca juga: Jamaah haji dapat 10 liter air zamzam dan dibagikan di debarkasi
Baca juga: Kemenag salurkan air zamzam milik jamaah haji ke kabupaten dan kota


 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023